Cara Mendirikan Tenda saat Berkemah di Gunung

Membuat tenda berdiri kokoh saat berkemah
Cara Bikin Tenda - Bagi sebagian kawan-kawan yang telah berpengalaman dalam hobi mendaki gunung atau berkemah, membuat atau mendirikan tenda dengan cepat pastinya bukan masalah besar, apalagi jika tenda itu milik kita sendiri, pastinya kita sudah paham betul seluk-beluk dan cara bikin tenda tersebut dengan mudah dan cepat. Namun lain halnya dengan sebagian kawan lain yang masih awam atau baru pertama kali pergi berkemah, dengan peralataan hasil menyewa dari rental alat gunung, membuat tenda berdiri dengan kokoh seringkali menjadi masalah yang membuat kita bingung. Untuk itu, saya akan coba membantu dengan memberikan sedikit tips pendaki tentang cara bikin tenda yang baik dan benar, agar tenda yang kita buat mampu berdiri kokoh dan dapat melindungi serta memberi kenyamanan.

Untuk Tenda Dome

Cara bikin tenda dome yang sangat mudah
Jika dulu (kala tenda rumah atau tenda pramuka menguasai dunia pendakian dan perkemahan) tenda dome merupakan suatu alat gunung mewah yang hanya dimiliki segelintir orang, beberapa tahun belakangan setelah jaman semakin maju, tenda dome telah menjadi peralatan biasa yang seolah harus dimiliki setiap pendaki. Untuk mendirikan tenda dome sebenarnya susah susah gampang, tergantung dari jenis dan terutama bentuk tenda itu sendiri. Jika bentuknya simple dan praktis seperti tenda dome lafuma campo 2 atau lafuma summertime 3/4, pemasangannya pun akan mudah dilakukan. Namun ada banyak tenda lain yang bentuknya agak rumit, sehingga pemasangannya pun agak cukup sulit dilakukan.

Tenda dome biasanya terbagi dalam dua tipe, ada tipe yang memiliki satu lapisan saja, ada juga yang memiliki 2 lapisan. Saran saya, mengingat medan gunung di Indonesia kebanyakan berupa hutan hujan tropis, lebih baik anda memilih tenda dome yang memiliki 2 lapisan atau layer, agar lebih aman dan nyaman saat menghadapi cuaca buruk.

Tak perlu banyak basa-basi lagi, langsung saja kita ikuti langkah pemasangannya.

1. Cari tempat datar dengan ruang yang cukup untuk memuat ukuran tenda yang akan anda dirikan.

Jika anda ingin tidur nyaman, mencari tanah yang datar dan cukup luas untuk membuat tenda harus bin wajib anda lakukan. Untuk itu, lebih baik anda tahu persis ukuran tenda yang anda bawa, agar anda mampu memperkirakan tempat mana yang paling cocok untuk menampung tenda yang akan anda dirikan.

Jika mendaki saat gunung sedang sepi, mencari ruang yang luas dengan permukaan tanah datar bakal mudah untuk dilakukan. Lain halnya saat musim pendakian, area berkemah biasanya akan penuh tenda pendaki, space yang tersedia bagi kita untuk bikin tenda pun bakal cukup sulit ditemukan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berangkatlah lebih awal daripada pendaki lain, agar anda menjadi orang pertama yang tiba di area berkemah dan dapat lebih bebas menentukan tempat untuk membuat tenda.

2. Bersihkan permukaan tanah dari batuan tajam atau akar pepohonan yang dapat merusak alas tenda.

Langkah berikutnya, anda perlu melihat kondisi tanah yang telah anda pilih untuk bikin tenda, kemudian singkirkan hal-hal seperti batu, ranting pohon, atau akar yang mungkin akan merusak alas tenda atau membuat tak nyaman punggung anda saat beristitahat nanti.

3. Hamparkan bagian alas tenda di atas permukaan tanah yang telah dibersihkan.

Setelah menentukan tempat dan membersihkannya, buka dan keluarkan semua bagian tenda. Cari bagian alas tenda, kebanyakan bagian ini bersatu dengan bagian utama ruang tenda. Namun untuk beberapa jenis tenda, ada juga bagian footprint atau alas tenda yang terpisah. Kemudian hamparkan di permukaan tanah kosong, dan tentukan ke arah mana bagian pintu tenda ingin anda hadapkan.

4. Pasang frame atau tulangan tenda dome.

Untuk beberapa jenis tenda yang memiliki bentuk rumit, langkah ini biasanya menjadi yang paling sulit dilakukan. Demi menghindari salah pemasangan, lebih baik anda membaca buku manual atau petunjuk pemasangan yang biasanya tertera pada kantong tenda. Jika tak ingin ribet atau ingin meminimalisir kesalahan pemasangan, lebih baik sejak sebelum berangkat, anda memilih tenda yang memiliki bentuk yang simple dengan aturan pemasangan yang mudah.

Kebanyakan tenda dome yang pernah saya pakai, tulangan atau frame biasanya dipasang pada bagian inner layer atau lapisan dalam tenda. Namun ada juga beberapa tipe yang mengharuskan kita untuk memasang tulangan atau frame pada bagian lapisan luar terlebih dahulu, setelah itu barulah kita masuk untuk mengaitkan atau mengikat bagian dalam tenda pada frame dan lapisan luar yang telah kokoh berdiri.

5. Tutupi frame dan lapisan dalam yang telah tegak berdiri dengan layer (lapisan) tenda bagian luar.

Jika anda membawa tenda dome dua layer, pasang dengan baik lapisan luar (yang biasanya terbuat dari bahan anti air) dengan baik dan benar. Ikat bagian sudut pada tulangan atau frame, biasanya akan ada ruang beberapa senti yang memisahkan bagian luar dan dalam. Anda perlu memastikan jarak itu tetap terjaga jangan sampai bagian luar menempel pada lapisan dalam, agar saat hujan, air tidak rembes ke dalam.

6. Pastikan posisi tenda telah benar, kemudian pasang pasak dan tali (bila diperlukan).

Setelah tuntas menyelesaikan langkah-langkah di atas, sebelum pasak di pasang, pastikan lagi posisi tenda yang anda buat telah benar. Jika sudah puas, pasang pasak pada bagian sudut dan sisi tenda, bila diperlukan silahkan ikat tali yang tersedia pada bagian luar tenda, agar tenda dapat berdiri dengan lebih kokoh.

Video Contoh Mendirikan Tenda Dome




Untuk Tenda Pramuka atau Tenda Rumah

Tenda pramuka yang cukup ribet untuk dipasang
Seperti yang sudah saya bahas di atas, jaman sekarang sebenarnya tenda jenis ini sudah sangat jarang digunakan, karena pemasangannya memang agak ribet dan butuh banyak orang untuk bekerja sama. Selain itu tingkat kenyamanan yang ditawarkan tenda pramuka jelas kalah jauh dari jenis tenda dome. Namun, siapa tahu masih ada kawan-kawan yang menggunakan tenda jenis ini, atau memang sedang mengikuti kegiatan perkemahan pramuka, maka dari itu saya juga akan coba memberikan tips untuk bikin tenda pramuka atau tenda rumah-rumahan.

1. Cari tempat datar dengan ruang yang cukup untuk memuat ukuran yang akan anda dirikan.

Sama seperti cara bikin tenda dome, langkah pertama anda harus menentukan tempat terbaik untuk mendirikan tenda pramuka yang biasanya punya ukuran super besar. Memilih tempat dekat pepohonan bisa jadi keuntungan tersendiri untuk jenis tenda ini, karena pohon bisa jadi pengganti tiang untuk mengikat tenda.

2. Bersihkan permukaan tanah dari batuan tajam atau akar pepohonan.

Masih sama dengan langkah di ats, berikutnya anda perlu membersihkan permukaan tanah dari hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan tidur anda.

3. Jika tenda tak dilengkapi tiang besi, cari kayu atau bambu untuk tiang-tiang tenda.

Ini ribetnya menggunakan tenda pramuka, kita perlu tiang untuk membuat tenda dapat berdiri. Beruntung jika tenda telah dilengkapi dengan tiang besi khusus untuk penyangga. Jika tidak ada, terpaksa kita harus mencari kayu atau bambu dengan tinggi yang sesuai.

4. Gali lubang untuk mendirikan tiang tenda.

Langkah berikutnya anda perlu menggali lubang untuk menancapkan tiang utama agar dapat berdiri dengan kokoh. Untuk itu anda perlu membawa peralatan tambahan seperti golok untuk alat bantu menggali.

5. Pasang tenda pramuka pada tiang-tiang penyangga.

Selanjutnya pasang tenda pada tiang yang telah ditanam, ikat dengan tali tambang pramuka, prusik, paracord, tali sepatu atau tali rafia.

6. Pasang pasak dan tali pada tiap sudut tenda.

Untuk mengokohkan tenda, pasanglah tali pada setiap sudut tenda untuk kemudian diikat pada pasak-pasak yang anda tanam di permukaan tanah.

7. Buat saluran air dengan menggali tanah seadanya di tiap sisi tenda.

Terakhir, jika cuaca sedang musim hujan, anda perlu membuat saluran sederhana dengan menggali tanah di sepanjang sisi tenda yang telah berdiri. Hal ini berfungsi sebagai pencegah air agar tak masuk dan menggenangi bagian dalam tenda.

Video Contoh Mendirikan Tenda Pramuka



***

Semoga tips tentang cara mendirikan tenda yang saya buat di atas dapat membantu kawan-kawan yang sedang kebingungan bagaimana cara bikin tenda dengan benar saat sedang berkemah di gunung.

Comments