Rekomendasi Peralatan P3K (First-Aid Kit) untuk Mendaki Gunung


Peralatan P3K untuk Mendaki Gunung - Resiko dan ancaman bahaya merupakan bagian yang tak akan pernah terpisahkan dari kegiatan pendakian gunung. Seenteng apapun trek pendakiannya, semudah apapun akses jalannya, atau serendah apapun ketinggian puncaknya, yang namanya gunung akan selalu menyimpan potensi bahaya. Kecelakaan akibat adanya bencana alam ataupun karena kesalahan pendaki itu sendiri mau tak mau harus selalu kita perhitungkan dalam setiap perjalanan pendakian, karena tidak ada yang dapat memprediksi secara pasti kapan, dimana, dan kepada siapa kejadian buruk atau kecelakaan pendakian dapat menimpa. Untuk itu, sebagai pendaki yang bijak, seharusnya kita selalu mempersiapkan solusi penanganan yang tepat, seperti mempelajari skill-skill survival dan pertolongan pertama, atau minimal selalu membawa peralatan-peralatan untuk kondisi darurat kapan dan kemanapun kita pergi mendaki.

Kali ini, saya akan mencoba berbagi informasi tentang beberapa peralatan P3K yang harus dibawa pendaki gunung setiap kali ia hendak pergi mendaki, agar ia selalu siap kala kondisi buruk tiba-tiba harus dihadapi di tengah perjalanan.

Buku saku atau aplikasi panduan P3K.

Untuk kawan-kawan yang telah berpengalaman mengikuti pelatihan P3K di PMI atau di instansi-instansi terkait, peralatan satu ini mungkin bisa dilewatkan. Tapi saya yakin kebanyakan dari kita cukup awam tentang teknik pertolongan pertama untuk menangani korban kecelakaan, maka dari itu buku panduan atau aplikasi seperti ini sangat dibutuhkan agar kita tahu tata cara penanganan yang tepat manakala menghadapi kondisi buruk yang menimbulkan korban. Dengan membawa peralatan ini, kita juga dapat meminimalisir kesalahan penanganan pada korban yang kerap terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang ilmu P3K. Perlu diingat kesalahan penanganan bisa sangat berbahaya, dan malah memperburuk kondisi korban.

Peralatan dasar untuk penanganan luka luar.

1. Cairan antiseptik atau alkohol.
2. Plester, kain kasa, dan kapas.
3. Pembalut segitiga/mitella.
4. Gunting dan sarung tangan karet.

Peralatan untuk penanganan hipotermia.

1. Selimut darurat (emergency blanket).
2. Flysheet untuk membuat shelter darurat.

Obat-obatan.

1. Obat diare.
2. Obat penurun panas.
3. Obat masuk angin.
4. Obat flu.
5. Obat alergi.
6. Obat-obatan pribadi untuk penyakit yang anda miliki.

Peralatan untuk cedera otot dan persendian.

1. Tensocrepe.
2. Obat pereda rasa sakit atau painkiller.
3. Salep atau balsem pereda nyeri otot seperti counterpain dll.

Peralatan lainnya.

1. Tabung oksigen untuk sesak nafas.
2. Termometer untuk mengukur suhu tubuh.
3. Peniti.
4. Tali paracord.
5. Nomor telepon darurat.
6. Peralatan survival (survival kit).

Itulah beberapa rekomendasi peralatan P3K yang perlu dibawa saat anda pergi mendaki gunung. Jika anda malas membeli satu persatu peralatan tersebut, di apotek banyak dijual paket-paket peralatan P3K standar yang cukup lengkap dan bisa diandalkan, lebih praktis namun kadang tidak mampu memenuhi kebutuhan karena hanya berisi peralatan standar.

Jika daftar diatas dirasa kurang, atau anda punya saran lain untuk dibagikan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat, salam.

Comments