Foto-Foto Gundukan Sampah Pendaki Gunung yang Merusak Keindahan Alam

Bawa turun sampahmu!
Sampah di Gunung Indonesia - Salah satu masalah klasik yang hingga saat ini masih menjadi seperti penyakit masyarakat kita adalah soal kebiasaan membuang sampah sembarangan. Tingkat kesadaran dan kedewasaan dalam upaya menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan masih sangat rendah. Maka tak heran jika di banyak tempat seperti sungai, pinggiran jalan, dan bahkan hingga di gunung-gunung tinggi yang ada di negeri kita ini, tumpukan sampah masih sangat mudah untuk ditemukan.

Khusus untuk masalah sampah di gunung, sebenarnya saya agak heran juga. Padahal di awal kegiatan pendakian gunung mulai banyak dilakukan, para penggiatnya kebanyakan berlatar belakang pecinta alam. Namun latar belakang dan identitas ternyata tak bisa berpengaruh banyak, para pecinta alam pun tetaplah masih manusia Indonesia, yang kadang-kadang lupa membawa turun kembali sampah yang dihasilkan saat mendaki gunung.

Keadaan ini makin diperparah setelah kegiatan mendaki gunung semakin hits dan booming di masyarakat. Para pendaki yang kini tak hanya berasal dari kelompok pecinta alam yang jumlahnya semakin banyak belum memiliki tingkat kesadaran yang tinggi dalam urusan menjaga lingkungan. Alhasil, tumpukan sampah di gunung kian hari kian menggunung.

Ini fakta lho, untuk meyakinkan anda betapa gunung-gunung kita begitu kotor dengan sampah, mari kita lihat saja beberapa foto gundukan sampah di gunung yang saya kumpulkan dari internet di bawah ini.

Tumpukan sampah di sekitar Ranu Kumbolo (gambar diambil dari sini)
Gundukan sampah di Gunung Kerinci (gambar diambil dari sini)
Gundukan sampah plastik di Gunung Merbabu (gambar diambil dari sini)
Seekor monyet mencari makanan di gundukan sampah Gunung Rinjani (gambar diambil dari sini)
Air kencing dalam botol (gambar diambil dari sini)
Habis buat tulisan salam-salam, lalu dibuang sembarangan (gambar diambil dari sini)
Antara keindahan alam dan tumpukan sampah (gambar diambil dari sini)
Sisa pembakaran sampah di gunung (gambar diambil dari sini)
Sebuah meme sindiran untuk mereka yang suka nyampah di gunung (gambar diambil dari sini)
Bukan minuman berenergi (gambar diambil dari sini)
Gundukan sampah di sekitar tempat berkemah (gambar diambil dari sini)
Gimana kondisinya? Parah kan? Inilah kondisi di balik layar potret-potret indah gunung Indonesia yang banyak tersebar di internet. Sebagai tambahan informasi, beberapa hari lalu saya sempat membaca sebuah artikel yang memberitakan jika di sisa akhir tahun ini, pihak pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sudah angkat tangan menghadapi masalah sampah yang makin menggila di Gunung Rinjani (selengkapnya baca disini), iya Rinjani yang indah itu, yang sering diimpikan sebagai destinasi idaman oleh banyak pendaki. Gila kan? Kelakuan para penggiat alam yang tak peduli pada sampah sudah bikin pengelola Taman Nasional sampai kewalahan, dan tak sanggup lagi menangani sampah-sampah yang mengotori sampah di salah satu gunung terindah di Indonesia tersebut.

Gunung bukan tempat sampah! (gambar diambil dari sini)
Namun beruntungnya, tidak semua penggiat alam suka nyampah di gunung, masih banyak dari mereka yang peduli dengan ikut melakukan upaya pembersihan, atau minimal bertanggung jawab dengan membawa turun kembali sampah yang dihasilkan oleh dirinya sendiri. Belakangan gerakan-gerakan bersih gunung semakin sering diadakan di gunung-gunung Indonesia, beberapa pihak bahkan membuatnya dengan format perlombaan, dan hasilnya cukup lumayan, perlahan-lahan sampah-sampah di gunung mulai berkurang jumlahnya.

Kita beruntung masih banyak para penggiat alam yang punya sikap terpuji seperti itu, namun upaya-upaya mereka yang bergerak turun langsung membersihkan sampah di gunung akan sia-sia manakala kita sebagai pecinta dunia pendakian masih tetap melestarikan budaya membuang sampah di gunung. Maka dari itu, sudah sepantasnya jika kita ikut mendukung upaya mereka dengan bersama-sama membersihkan gunung-gunung yang kita daki, atau minimal dengan bertanggung jawab membawa turun kembali sampah yang kita hasilkan.

Mari buat gunung-gunung kita bersih kembali, mari buat gunung-gunung tinggi menjadi indah dan alami kembali, mari buat gunung-gunung di Indonesia lestari dan bisa dinikmati generasi-generasi baru nanti.

Semoga bermanfaat dan #stopnyampahdigunung, salam lestari!

Comments

Eksapedia said…
Miris banget kalau lihat pemandangan ky gini :-(
kalau cuma buat gaya gayaan naik gunung mending gak usah ya gan, daripada mengotori pemandangan dan alam..

Popular Posts