Gear Review : Deuter ACT Lite 40+10


Berbicara tentang keril berkualitas, nama Deuter mungkin sudah tak asing lagi bagi kawan-kawan yang sudah malang melintang di dunia pendakian. Selain brand lain seperti REI, Osprey, dan Berghauss, keril Deuter merupakan salah satu pilihan yang kualitasnya sudah diakui oleh para petualang dunia, termasuk para petualang di Indonesia.

Dengan teknologi back system dan air contact yang mumpuni, keril deuter sangat nyaman digunakan sekalipun digunakan untuk memikul beban yang cukup berat. Selain itu, kualitas bahan yang kuat dan tahan lama, desain yang simple nan elegan, serta fitur-fitur tambahan lainnya, membuat Deuter menjadi salah satu brand terbaik yang sangat disukai para pendaki gunung di tanah air.

Kali ini, saya akan coba memberikan review tentang salah satu jenis keril dari deuter, yakni ACT Lite 40+10. Keril ini sudah sering saya gunakan untuk melakukan berbagai pendakian, baik pendakian santai sehari perjalanan, ataupun pendakian menengah dengan waktu 2-3 hari perjalanan. Apa saja keunggulan dan kekurangan dari keril ini? Berikut, saya akan mencoba memberikan sedikit ulasannya.

Spesifikasi

Weight: 1670 g
Volume: 40 + 10 litre
Size: 73 / 30 / 23 (H x W x D) cm
Material:
Deuter-Super-Polytex
Deuter-Ripstop 210
Macro Lite 210
(sumber : deuter.com)

Keunggulan

Nyaman dipakai

Seperti yang sekilas telah saya bahas di awal, keril Deuter punya teknologi back system yang mumpuni. Ditambah dengan sistem ventilasi udara (air contact) yang baik di bagian yang bersentuhan langsung dengan punggung, keril ini akan sangat nyaman dipakai saat harus membawa beban berat sepanjang perjalanan mendaki. Hal ini sudah saya buktikan sendiri dengan membandingkan pengalaman saat dulu memakai keril jenis lain hingga kemudian saya membeli keril ini, perbedaan kenyamanan di punggung sangat jelas terasa.

Berat sendiri keril cukup ringan

Saat pergi mendaki, perbekalan dan peralatan yang akan kita bawa tentunya akan sangat banyak dan berat, apalagi jika rencana waktu pendakian sampai berhari-hari lamanya. Keril dengan berat yang cukup ringan seperti Deuter ACT Lite tentu akan sangat membantu mengurangi beban yang harus kita bawa sepanjang perjalanan. Untuk kawan-kawan yang suka menerapkan teknik ultralight hiking, keril ini akan sangat cocok untuk digunakan.

Desain simple dan elegan

Dengan paduan dua warna yang cukup kalem (kecuali yang berwarna merah), serta desain yang simple dan tak terlalu ramai, keril ini terlihat cukup keren dan elegan saat dipakai. Tak ada gambar-gambar sablon, dengan hanya tulisan dan logo yang dibordir di bagian kepala, membuat keril ini juga nampak cukup berkelas. Overall, bagi kawan-kawan yang sangat memperhartikan gaya fashion saat mendaki, keril ini sangat layak untuk dipakai dan dibanggakan.

Banyak fitur tambahan yang berguna

Kantong-kantong tambahan di bagian samping, depan, sabuk dan kepala keril benar-benar sangat berguna untuk menyimpan barang-barang kecil seperti botol air, jas hujan, p3k, dll yang sering kita butuhkan di tengah perjalanan. Selain itu, jika ingin memisahkan beberapa barang seperti pakaian dan sleeping bag dari barang-barang lainnya, ada bagian bawah dengan risleting luar yang bisa digunakan.



Kekurangan

Bahan layer yang cukup tipis sangat rentan sobek

Mungkin dikarenakan keril ini termasuk Deuter Lite series, maka dari itu, si pembuat lebih mengutamakan agar keril ini punya berat seringan mungkin, sehingga lapisan-lapisan layer di seluruh bagian keril dibuat dengan bahan yang meski cukup kuat, namun agak tipis. Karena lapisannya yang tipis, keril ini sangat rentan mengalami kesobekan, terutama saat tersangkut ke cabang pohon atau duri-duri tajam yang sering kita temukan di sepanjang jalur pendakian.

Tidak memiliki coverbag

Entah apa sebabnya, berbeda dengan jenis yang lain, pihak produsen tidak menyertakan coverbag dalam keril jenis ini. Padahal, dengan cuaca tropis di negara kita, coverbag jelas-jelas sangat dibutuhkan sebagai pelindung keril saat mendaki ditengah hujan. Jika kamu berniat membeli keril ini, siap-siap saja untuk menambah pengeluaran dengan membeli coverbag secara terpisah.


Itulah sedikit ulasan tentang keril Deuter ACT Lite 40+10 yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan semua. Baca juga tips memilih keril untuk menambah wawasan sebelum menentukan keril seperti apa yang akan kawan-kawan beli. Semoga bermanfaat, salam lestari!

Beberapa ulasan lain tentang alat gunung :
Kompor Trangia
Tenda Lafuma Campo 2

Comments

Popular Posts