4 Jul 2015

Gunung Cikuray (2.821 mdpl)


Info Gunung Cikuray - Tingginya memang tidak terlalu wah, tak sampai 3000an mdpl, namun jangan sekali-kali kamu mencoba meremehkan gunung yang satu ini. Cikuray terkenal dengan treknya yang gila-gilaan, nanjak terus tanpa bonus, coba aja kapan-kapan kamu nanjak kesini, dijamin lututmu bakal bergetar sepanjang perjalanan. Beberapa waktu belakangan, gunung ini lagi trend banget jadi tujuan nanjak para pendaki asal ibukota dan sekitarnya, entah apa alasannya, yang pasti gunung ini jadi rame banget dikunjungi, dan gegara lagi hits itu, sialnya sampah pun mulai membanjiri Cikuray, merusak keindahan dan kealamian yang sejak dulu terpelihara dengan baik di gunung satu ini. Tapi terlepas dari banyaknya sampah, Cikuray masih sangat layak buat kamu jadikan destinasi mendakimu berikutnya, mari kita bahas aja lebih dalam berbagai hal yang harus kamu tahu tentang Cikuray.

Lokasi

Gunung ini terletak di Kabupaten Garut Jawa Barat, dan merupakan yang tertinggi dari semua gunung yang ada di Garut. Luas gunung Cikuray melingkupi beberapa kecamatan yang ada di Garut dekat perbatasan Tasikmalaya, antara lain Cilawu, Bayongbong, dan Cikajang. Jalur pendakian gunung ini pun dapat dimulai dari 3 kecamatan tersebut.

Spot Menarik

Selain terkenal dengan tanjakannya yang super terjal, Cikuray juga dikenal punya pemandangan puncak yang sangat indah. Dari puncak gunung ini kamu dapat melihat beragam gunung yang ada di kota Garut macam Papandayan dan Guntur. Jika cuaca sedang bagus, gunung Ciremai pun dapat terlihat dari puncak gunung ini, dan juga kamu bisa melihat garis pantai yang ada di selatan kota Garut. Sunset dan Sunrise di puncak gunung ini juga keren abis guys, belum lagi lautan awan yang keren abis buat dijadikan background foto kamu, pokoknya Cikuray top banget lah. Selain keindahan yang bisa kamu nikmati dari puncak, di kaki gunung ini ada juga perkebunan teh yang luas banget.

bayangan segitiga sempurna Cikuray via petualangsubuh.blogspot.com

Ngeri ngga nih pemandangan sunrisenya? via malikkaler.wordpress.com

Dulu sempet dapet sunset mewah kayak gini, tapi sayang aku cuma punya hp soni eriksen buat menangkapnya, hehe

Puncak

Puncak Cikuray cuma ada satu yang ditandai dengan adanya sebuah bangunan. Tinggi nya 2821 mdpl, viewnya super keren. Kalo kamu naek dari pemancar, sebelum tanjakan menuju puncak ada yang sering disebut puncak bayangan, berupa shelter yang cukup luas, masuk 3-5 tenda lah, cocok buat ngecamp karena masih dikelilingi pepohonan buat pelindung dari badai.

kalo kamu nemu bangunan ini, brarti udah sampe puncak

Jalur Pendakian

  • Pemancar Cilawu
  • Bayongbong
  • Cikajang
Jalur paling enak dan aman lewat pemancar di Desa Dayeuh Manggung Cilawu, dan yang paling ekstrem katanya lewat Bayongbong. Saya baru pernah nyoba lewar pemancar saja, meski paling enak tetep aja nanjaknya nyiksa bro, hihi.

Penampakan jalur Cikuray via astacala.org

Estimasi Biaya

Bingung euy, mending itung sendiri-sendiri aja ya, hehe. Tapi harus diketahui kalo lewat pemancar, dari pinggir jalan raya menuju ke pos awal pendakian pemancar kamu bisa pilih beragam jasa transportasi, bisa pake mobil pick up yang dulu ongkosnya 40 ribu perak, ngga tau kalo sekarang, apalagi kalo BBM udah naek lagi. Ada juga ojek yang bisa dinego, atau kalo ngga punya duit mening jalan kaki aja lewat ladang penduduk dan perkebunan teh, hehe. Tiket masuk di pos pendaftaran ngga ditentukan, seikhlasnya aja.

Tips

Persiapkan fisik dengan baik, bagusnya latihan dulu minimal seminggu sebelum naek. Izin sama keluarga terutama orang tua, kasih tau juga rencana pendakianmu ke teman-teman terdekat. Bawa peralatan mendaki lengkap dengan kondisi peralatan yang siap tempur. Bawa perbekalan makanan yang banyak, bawa juga tempat air, bisa botol, kompan, atau apapun, soalnya kamu harus bawa air dari awal pendakian karena diatas ngga ada mata air. Bawa survival kit dan perlengkapan P3K, buat jaga-jaga kalo ada apa-apa. Cari-cari info dulu soal gunung ini sama teman yang udah pernah mendaki atau bisa cari-cari di gugel. Dan terakhir jangan lupa berdoa, inget terus sama Tuhan, jangan sombong, jaga kelakuan, dan yang terpenting jangan nyampah!

0 comments