Gear Review : Tenda Dome Lafuma Summertime 3/4

Gear Review : Tenda Dome Lafuma Summertime 3/4 - Sebenarnya saya tak pernah punya tenda dome lafuma summertime 3/4, namun beberapa kali saya pernah menggunakan tenda ini hasil meminjam dari teman. Keunggulan yang jelas terasa dari tenda dome lafuma summertime 3/4 adalah soal kenyamanan penggunaan. Selain itu, 2 lapisan layer tenda dome ini juga sangat tangguh dalam menghalau cuaca buruk dan dinginnya udara gunung yang menusuk. Namun, tak ada yang sempurna, sebagus apapun sebuah alat gunung, pasti memiliki kekurangan, dan kekurangan paling terasa dari lafuma summertime adalah beratnya yang hampir 5 kg benar-benar sangat menyiksa orang.

Untuk lebih jelasnya, saya akan coba deskripsikan secara lebih jelas tentang keunggulan-keunggulan serta kelemahan dari tenda dome lafuma summertime 3/4 pada poin-poin dibawah.

gambar diambil dari sini

Kelebihan Tenda Dome Lafuma Summertime 3/4

1. Sangat tangguh menghadapi cuaca buruk.

Seperti saudaranya (tenda dome lafuma campo 2 yang sudah pernah saya review), produk tenda lafuma memang mengedepankan kualitas bahan layer yang sangat jempolan. Dalam kondisi yang masih bagus, tenda dome ini sangat bisa diandalkan untuk menghadapi cuaca buruk. Selama pemasangannya benar, hujan badai tak bakal mampu menembus lapisan luar tenda ini. Sedangkan lapisan dalam akan melindungi anda dari ganasnya udara dingin di atas gunung. Selain itu, karena bahannya yang bagus, tenda dome ini sangat awet dan tahan lama. Dengan perawatan yang baik dan benar, tenda dome lafuma summertime 3/4 dapat tetap digunakan dengan prima sampai usia 4-5 tahun.

2. Pemasangan yang simpel dan mudah jadi nilai plus lainnya.

Jika anda pernah mengalami sulitnya memasang tenda dome generasi lama yang mengharuskan kita memasukkan batang frame pada lubang-lubang kecil dari layer tenda, atau lebih parah lagi jika anda punya pengalaman betapa ribetnya memasang tenda pramuka saat mendaki gunung, hampir dapat dipastikan anda bakal memuja tenda dome lafuma summertime 3/4. Pemasangan tenda ini sangat simpel serta dengan mudah dan cepat dapat segera didirikan, sekalipun oleh mereka yang tak pernah punya pengalaman mendirikan tenda ini. Hal ini tentu menjadi keuntungan yang sangat bagus, apalagi jika menghadapi kondisi cuaca buruk yang mengharuskan kita untuk dapat cepat memasang tenda sebagai berlindung.

3. Bisa menampung banyak orang dan sangat nyaman digunakan.

Sesuai namanya, tenda ini diperuntukkan untuk menampung 3 sampai empat orang. Namun standar ukurang yang digunakan adalah orang-orang eropa yang punya postur tinggi besar. Bagi orang asia seperti kita, 4-5 orang masih bisa masuk dalam tenda ini. Dengan kapasitas seperti itu, tenda ini sangat cocok digunakan dalam pendakian yang melibatkan cukup banyak orang. Kelebihan lain dari tenda ini adalah tersedianya vestibule atau sedikit ruang dibagian depan tenda (mirip teras rumah) yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya memasak, dengan catatan anda harus berhati-hati jangan sampai api dari kompor membakar tenda.

4. Sistem ventilasi yang bagus semakin membuat tenda ini nyaman digunakan.

Pernahkan anda menyangka tenda anda bocor karena ada rembesan air di permukaan layer dalam tenda? Jika pernah, coba analisis lebih dahulu, mungkin saja itu bukan bocor, namun hasil proses kondensasi karena tenda anda tidak punya sistem ventilasi yang baik.


Nah, jika menggunakan tenda dome ini, anda tak perlu khawatir mengalami kejadian seperti itu. Adanya jarak antara lapisan layer dalam dan luar tenda, serta tersedianya lubang ventilasi di bagian atas tenda akan mencegah terjadinya kondensasi. Selain itu, dengan sistem aliran udara sebaik ini, anda pun akan lebih nyaman beristirahat di dalam tenda tanpa perlu pengap akibat tak adanya sistem keluar masuk udara yang baik seperti yang sering terjadi di banyak jenis tenda.


Kekurangan Tenda Dome Lafuma Summertime 3/4

1. Meski tangguh dan anti bocor, tenda dome ini beratnya cukup lumayan.

Spesifikasi tenda dome Lafuma Summertime
Coba lihat spesifikasinya, disitu sangat jelas tertulis bahwa tenda ini punya berat sebesar 4,5 kilogram. Hal ini tentunya akan sangat memberatkan perjalanan yang kita lakukan, apalagi jika anda terbiasa mendaki dengan teknik ultralight hiking. Perlu diingat, jika tenda merupakan salah satu beban abadi dalam pendakian, artinya tak seperti makanan dan air yang bakal berkurang seiring waktu berjalan, berat tenda akan tetap segitu, baik saat naik atau turun gunung. Solusi yang bisa diambil untuk menyiasati beban ini agar tidak terlalu menyiksa mungkin hanya dengan membawanya secara bergantian dengan teman seperjalanan.

2. Ukuran packing-nya juga cukup besar, sehingga akan menyita banyak ruang di keril.

Isi dari packingan tenda dome Lafuma Summertime
Karena ukuran tenda yang besar, serta bahannya yang bagus sehingga lumayan tebal, ukuran packing tenda ini juga cukup besar, sehingga akan sangat menyita ruang dalam keril, terutama jika anda menyimpannya satu paket dalam kantong khusus yang memang tersedia dari produsen. Solusi yang bisa sedikit membantu adalah dengan mempacking tenda ini secara terpisah. Bagian layer bisa anda simpan di dalam keril, bersatu dengan pakaian. Sedangkan untuk frame dan pasak bisa anda selipkan di bagian lain keril.


3. Jika pendakian sedang ramai, bakal cukup sulit mencari ruang terbuka untuk mendirikan tenda ini.

Ukuran tenda yang besar tentu saja membutuhkan ruang terbuka yang cukup luas, dan hal ini juga menjadi salah satu kekurangan dari tenda dome lafuma summertime 3/4. Saat situasi gunung sedang sepi alias tak terlalu banyak pendaki yang naik, kekurangan ini tentunya tak bakal terasa, karena di area berkemah akan tersedia banyak ruang kosong. Coba bayangkan jika kebetulan anda mendaki saat musim pendakian sedang ramai, misal tahun baru atau hari kemerdekaan. Saat seperti itu, biasanya area berkemah akan dipenuhi banyak sekali tenda pendaki, sehingga anda bakal cukup kesulitan untuk mendapat ruang yang cukup bagi tenda dome ini.

***

Kesimpulannya, tenda dome lafuma summertime 3/4 merupakan salah satu jenis tenda berkapasitas besar yang cukup baik untuk dibeli, mengingat kualitas bahannya yang bagus serta kemudahan dalam pemasangan bisa sangat menguntungkan bagi anda, terutama jika anda ingin berkemah dengan kondisi yang sangat nyaman saat mendaki gunung. Sedangkan bagi anda yang suka dengan teknik ultralight hiking, tenda ini tentunya bukan termasuk tipe yang anda butuhkan.

Sebagai informasi tambahan, saat ini harga tenda dome lafuma summertime 3/4 cukup variatif berkisar antara 1,05 hingga 1,3 juta rupiah. Cukup mahal, namun jika melihat dari kualitas yang dimiliki, menurut saya cukup worthed untuk dibeli.


Semoga bermanfaat, salam.

Comments

Popular Posts