Istilah Petualang : Pengertian Hiking dan Mountain Climbing


Menurut cambridge dictionary, hiking (kata benda) adalah aktivitas berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh di luar kota atau daerah pedesaan yang biasanya punya pemandangan alam yang indah. Sedangkan menurut wikipedia, hiking adalah sebuah istilah khusus untuk mendefinisikan kegiatan perjalanan panjang dan berat dengan berjalan kaki di daerah yang telah memiliki jalur di pedesaan atau pinggiran kota, istilah ini populer digunakan di wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Sedangkan untuk mendefinisikan perjalanan atau berjalan kaki dengan jarak yang lebih pendek, istilah yang digunakan adalah walking atau urban walks.

Di Indonesia sendiri, kata atau istilah hiking belakangan mulai populer digunakan para petualang, biasanya digunakan oleh para pendaki gunung dan penempuh rimba. Menurut saya, mendefinisikan kegiatan mendaki gunung dengan istilah hiking memang tidak salah, di awal pembuatan blog ini pun, saya seringkali menggunakan istilah hiking untuk mendefinisikan kegiatan pendakian gunung. Namun, setelah melakukan riset dan mempelajari lebih jauh tentang definisi dari kata hiking serta penggunaan istilah khusus ini di daerah asalnya, rasanya penggunaan kata hiking untuk kegiatan mendaki gunung menjadi kurang pas diterapkan. Istilah yang lebih tepat dan cocok untuk mendefinisikan kegiatan mendaki gunung adalah mountain climbing atau mountaineering.

Menurut wikipedia, mountain climbing atau mountaineering adalah olahraga mendaki atau memanjat gunung. Olahraga ini kadang bisa melibatkan aktivitas berjalan kaki dengan jarak panjang dan berat (hiking), panjat tebing (rock climbing), atau melintasi gletser (untuk daerah gunung es atau bersalju) tergantung medan yang dihadapi. Dari sebuah forum orang bule, saya juga mendapati jika kegiatan mountain climbing biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mencapai puncak gunung.

Dengan pengertian tersebut, menurut saya, istilah mountain climbing rasanya jauh lebih tepat digunakan untuk mendefinisikan kegiatan mendaki gunung, karena istilah ini memiliki makna yang lebih spesifik dan khusus, yakni kegiatan perjalanan dan petualangan yang dilakukan di daerah pegunungan dengan tujuan untuk mencapai puncak. Sedangkan istilah hiking maknanya terlalu luas atau umum, karena bisa dilakukan di daerah pedesaan mana saja asalkan memiliki jalur jalan kaki dan pemandangan alam yang indah, tak harus di daerah pegunungan.

***

Persoalan bahasa memang selalu menarik untuk dibahas, karena merupakan wilayah yang sangat dinamis, dimana perkembangan dan perubahan seringkali terjadi dengan cepat mengikuti alur perkembangan zaman. Tentang istilah yang diserap dari bahasa asing sendiri sejatinya bukan merupakan sesuatu hal yang asing bagi bangsa kita, tengok saja dalam kamus, kita dapat menemukan banyak kata serapan dari bahasa asing dengan mudah, baik itu dari bahasa sansekerta, arab, belanda, inggris, hingga bahasa-bahasa daerah yang ada di nusantara. Jadi bisa disimpulkan sejak zaman dahulu kala, bangsa kita yang terbuka dengan pengaruh dari luar telah terbiasa menyerap istilah baru yang diambil dari bahasa asing untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kembali pada bahasan di atas, sekali lagi, penggunaan istilah hiking untuk mendefinisikan kegiatan pendakian gunung memang tidak salah, selama istilah tersebut bisa diterima banyak orang, dan dimengerti maksudnya oleh lawan bicara (jika digunakan dalam percakapan) atau para pembaca (jika digunakan dalam sebuah tulisan). Namun, alangkah lebih baik lagi, jika kita mau mengganti istilah tersebut dengan istilah lain yang lebih tepat digunakan, yakni mountain climbing atau mountaineering, demi meminimalisir kesalahan persepsi yang mungkin  bisa terjadi.

Apapun itu, yang paling baik adalah menggunakan bahasa atau istilah lokal kita, istilah "mendaki gunung", "nanjak", "naek gunung", atau "muncak" sangat layak untuk kita populerkan daripada sekedar mengikuti tren dari luar negeri dengan menyerap dan menggunakan bahasa mereka hanya agar terlihat lebih keren dan modern.

Semoga bermanfaat, salam!

Referensi

[1] Cambridge Dictionary : Hiking Definition
[2] Wikipedia : Hiking ; Mountaineering

Comments

Popular Posts