3 Hal yang Perlu Anda Lakukan Sebagai Persiapan Sebelum Mendaki Gunung


Persiapan Sebelum Mendaki - Pendakian gunung merupakan kegiatan yang menyenangkan dan disukai banyak orang. Selain itu banyak pula manfaat yang bisa diperoleh dari mendaki gunung, diantaranya melatih fisik, mengobati stress, dan mendapat banyak kesenangan. Namun tak sedikit pula yang kapok dan tak mau mendaki lagi, alasannya kebanyakan karena fisik yang kerepotan sehingga menimbulkan penderitaan sepanjang perjalanan, atau bahkan malah pulang dengan kondisi sakit dan membawa cedera.

Sedikit bercerita, saya pun sering mengalami kejadian seperti itu. Berangkat tanpa persiapan, hanya bermodalkan keinginan dan rasa antusias, akhirnya sepanjang perjalanan saya sangat kerepotan akibat kondisi fisik yang payah. Setiap tanjakan rasanya menjadi ladang penyiksaan bagi tubuh saya yang sangat lemah. Perjalanan yang seharusnya bisa dinikmati sebaik mungkin malah membawa penderitaan yang bikin stress, hehe. Beruntung saya sudah kadung mencintai hobi mendaki gunung, meski sering kerepotan dan menderita di perjalanan, saya tak pernah kapok untuk kembali melakukan pendakian di kemudian hari.

Manusia sejatinya punya kemampuan alamiah untuk belajar dari setiap pengalaman dan berusaha berubah untuk menjadi lebih baik. Nah, untuk menghindari hal buruk tersebut kembali terulang di pendakian berikutnya, memaksimalkan persiapan sebelum pendakian ternyata bisa jadi solusi yang sangat bagus. 3 hal berikut ini dapat anda lakukan dalam masa beberapa hari sebelum pergi mendaki gunung sebagai persiapan agar anda dapat lebih menikmati setiap bagian dari perjalanan pendakian tanpa perlu menderita lagi.

1. Perbaiki sistem hidrasi tubuh anda sejak 1-2 hari sebelum perjalanan.

sumber gambar : pixabay.com
Sudah banyak studi dilakukan para ilmuan yang membuktikan bahwa dehidrasi membawa banyak efek buruk bagi tubuh kita. Pergi mendaki gunung dengan kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi akan membuat anda lebih cepat kehilangan banyak energy. Maka dari itu cobalah untuk memperbaiki system hidrasi tubuh anda 1-2 hari sebelum hari keberangkatan. Minum banyak air saat bangun tidur dan pastikan anda minum 8 gelas air setiap harinya akan membuat tubuh anda lebih fit dan tentu saja lebih siap untuk melakukan kegiatan fisik yang berat seperti mendaki gunung. Dan di hari keberangkatan, cobalah untuk minum air sebanyak mungkin sebelum memulai pendakian agar di sepanjang perjalanan stamina anda dapat tetap terjaga.

2. Perhatikan asupan nutrisi, perbanyaklah makan makanan dengan kandungan protein dan karbohidrat tinggi.


Jangan remehkan soal makanan, karena makananlah sumber nutrisi sebagai bahan bakar tubuh kita saat melakukan kegiatan fisik yang cukup berat seperti mendaki gunung. Sebelum berangkat, pastikan anda makan terlebih dahulu agar tubuh anda tidak kekurangan energi. Nasi dengan lauk berupa sayuran dan telur bisa jadi menu yang sangat baik. Buah-buahan bisa anda tambahkan sebagai makanan penutup. Dan jangan remehkan perbekalan makanan yang anda bawa untuk dikonsumsi di atas sana. Jangan cuma mengandalkan mie instan, tambahan lauk bernutrisi seperti kornet, ikan sarden, atau telur juga perlu anda bawa sebagai perbekalan. Bawa juga snack atau cemilan yang tak hanya enak untuk dimakan di sela perjalanan, pilihlah snack yang lebih bergizi dan bernutrisi, sudah banyak kok snack enak dan bernutrisi yang bisa anda jadikan pilihan, atau jiga ingin lebih sehat membawa buah-buahan seperti apel sebagai snack bisa jadi pilihan yang lebih bagus.

3. Lakukan latihan peregangan dinamis dan pemanasan.

sumber gambar : pixabay.com
Nah yang terakhir ini juga seringkali kita abaikan, padahal perannya sangat penting. Peregangan perlu dilakukan selama beberapa hari sebelum hari keberangkatan untuk mempersiapkan otot-otot tubuh kita agar tidak terlalu kaku saat mulai melakukan pendakian. Daripada peregangan statis, peregangan dinamis lebih dianjurkan sebagai latihan fisik, yakni latihan peregangan tubuh dengan menggerakkan beberapa bagian tubuh dengan lebih aktif, sederhananya mirip gerakan senam gitu lah. Beberapa bagian tubuh yang perlu dilatih kebanyakan berada di kaki antara lain, otot hamstring yang ada di bagian paha, persendian lutut, dan tumit. Jangan lupa latih juga bagian otot pinggang, pundak, dan punggung anda. Cara latihannya bagaimana? Agar lebih jelas mending anda cari sendiri gambarannya di mbah gugel, atau bisa bertanya kepada kawan yang hobi fitness atau atlet professional. Dengan melakukan latihan peregangan ini, jangkauan pergerakan otot anda akan lebih lebar, dan juga mencegah terjadinya cedera otot.

Dan terakhir jangan lupakan pemanasan sebelum memulai pendakian. Pemanasan akan membuat tubuh anda lebih siap sebelum melakukan kegiatan fisik yang berat saat mulai berjalan melewati tanjakan-tanjakan terjal di medan pendakian.

***

3 hal sederhana diatas merupakan persiapan sederhana yang sangat penting peranannya namun sering terlupakan atau sengaja diabaikan karena kita terlalu fokus pada rasa antusias atas bayangan-bayangan menyenangkan di perjalanan yang akan kita lakukan. Hingga akhirnya setelah mulai mendaki tanpa persiapan yang baik, bayangan-bayangan menyenangkan tadi perlahan buyar satu persatu akibat penderitaan yang kita rasakan sepanjang perjalanan.

Seperti banyak orang sukses bilang, persiapan yang baik adalah satu-satunya kunci untuk sebuah kesuksesan. So, maksimalkanlah setiap waktu persiapan anda sebaik mungkin, agar pendakian yang akan anda lakukan berjalan lancar dan lebih menyenangkan untuk dinikmati. Semoga bermanfaat, salam.

Comments

Pendaki Gunung said…
Persiapan sangat penting sebelum mendaki, karena termasuk hal yang menentukan keberhasilan sebuah pendakian. Dan,,, terimakasih infonya bang.

Popular Posts