Rekomendasi Sepatu Gunung Murah namun Berkualitas


Sepatu Gunung Murah dan Berkualitas - Salah satu peralatan utama mendaki gunung adalah sepatu gunung. Dengan porsi kerja paling berat, sangat wajar jika kaki kita membutuhkan sepatu yang berkualitas yang bukan hanya tahan banting saja, namun juga nyaman dipakai. Sepatu gunung yang baik harus kuat, ringan, nyaman dipakai, mudah kering, punya sistem sirkulasi udara yang baik, dan tidak menyebabkan cedera pada kaki, seperti lecet dan terkilir dan lain sebagainya.

Namun demi memenuhi semua kriteria yang saya sebutkan barusan, tentunya butuh dana yang cukup besar, karena barang dengan kualitas terbaik biasanya berharga cukup mahal. Merk-merk terkenal dunia seperti salomon, merell, the north face, dan karrimor (bukan yang KW tentunya) merupakan beberapa contoh produsen yang menyediakan sepatu gunung dengan kualitas yang sudah diakui para petualang dunia, namun itu dia, harganya cukup mahal dan bakal menguras dompet cukup dalam.

Bagi anda yang kebetulan tidak punya dana cukup besar untuk memenuhi kebutuhan belanja peralatan mendaki, jangan khawatir, karena selain merk-merk internasional tersebut, belakangan ini produsen sepatu gunung lokal juga mulai unjuk gigi dengan melahirkan beragam produk berkualitas dengan keunggulan harga yang jauh lebih murah tentunya. Meski kualitasnya masih belum sebanding dengan produk yang sudah mendunia, namun tenang saja, sepatu gunung dari eiger, consina, rei, atau trekking masih cukup berkualitas dan tetap nyaman untuk digunakan kok.

Berikut ini saya coba memberikan rekomendasi beberapa sepatu gunung murah namun berkualitas yang mungkin bisa masuk daftar pertimbangan rencana belanja anda.

1. Forester

sumber gambar
Sejak beberapa tahun belakangan, brand lokal bernama "Forester" mulai ikut meramaikan pasar produk peralatan outdoor tanah air. Bersaing dengan brand-brand mapan seperti Eiger dan Consina, Forester menawarkan desain yang ciamik dengan harga jual peralatan yang bisa dikatakan cukup murah. Untuk segmen sepatu gunung, Forester menawarkan kualitas yang mumpuni, nyaman untuk digunakan dan desain menarik. Menurut survey terakhir, harga sepatu gunung dari Forester bisa anda dapatkan di kisaran harga sekitar 600 ribu rupiah saja.

2. Eiger

sumber gambar
Siapa yang tak kenal dengan brand yang sudah sangat mapan ini. Rasanya hampir setiap petualang di tanah air pasti punya (atau minimal pernah punya) peralatan dari Eiger sebagai pendukung kegiatan petualangannya. Untuk segmen sepatu gunung, produk dari Eiger memang punya bandrol harga yang lebih tinggi, namun tentu dibarengi dengan kualitas dan desain yang mumpuni. Menurut sumber yang saya baca, sepatu Eiger bisa anda dapatkan dengan harga bervariasi mulai dari 800 ribuan hingga 1,5 jutaan.

3. Rei (Indonesia)

sumber gambar
Secara kualitas, produk Rei lokal Indonesia memang cukup jauh jika dibandingkan dengan Rei dari negeri paman sam sana. Namun jangan khawatir, produk sepatu gunung Rei yang bisa anda dapatkan dengan kisaran harga bervariasi mulai dari 500 hingga 600 ribuan masih cukup nyaman untuk dipakai dan dapat diandalkan saat menghadapi medan pendakian berat.

4. Trekking

sumber gambar
Untuk sepatu gunung dari brand Trekking, kebetulan saya sempat punya, jadi saya tahu betul kualitasnya. Dengan harga yang sangat murah yakni hanya sekitar 300-400 ribuan, sepatu gunung trekking masih layak digunakan untuk pendakian gunung dengan medan kelas menengah. Hanya saja, kenyamanan pemakaiannya tak terlalu mumpuni, siap-siap saja kaki terserang banyak lecet, hehe.

5. Wigote

sumber gambar
Satu lagi brand sepatu gunung murah yang bisa anda pertimbangkan, yakni dari Wigote. Menurut sumber yang saya telusuri, sepatu gunung dari Wigote bisa didapatkan dengan harga sekitar 400 ribuan.

6. Consina

sumber gambar
Jika anda tak mampu membeli sepatu dari brand Eiger, namun tak ingin juga mendapat kualitas pas-pasan macam sepatu gunung Trekking, saya sangat merekomendasikan sepatu gunung dari brand Consina. Consina menawarkan banyak variasi dengan kualitas dan desain beragam. Rentang harganya pun cukup bervariasi, mulai dari yang berharga 400 ribuan hingga 1,7 jutaan bisa anda pilih sesuai selera dan kebutuhan.

7. SNTA

sumber gambar
Dari cerita teman-teman yang pernah menggunakan sepatu SNTA, secara kualitas brand ini menawarkan sepatu yang cukup tangguh untuk digunakan pada medan berat, namun lagi-lagi aspek kenyamanan sangat kurang. Maklum saja, SNTA lebih mengedepankan harga yang sangat murah, maka tak heran jika aspek kenyamanan pemakaian agak terabaikan. Dengan uang sekitar 300 ribuan saja anda sudah dapat membeli sepatu dari brand ini.

***

Itulah beberapa brand sepatu gunung murah yang dapat saya rekomendasikan sebagai referensi bagi kawan-kawan semua yang hendak membeli sepatu gunung. Jika tak tertarik dengan rekomendasi di atas, masih ada alternatif lain, yakni membeli produk KW buatan Vietnam dari produk-produk ternama seperti The North Face, Salomon, Karrimor, dan lain-lain. Jangan lihat perbandingan kualitas dengan produk aslinya, yang penting harganya sangat-sangat jauh lebih murah! hehe.

Semoga bermanfaat, salam..

Baca juga : Tips Memilih Sepatu Gunung dan Cara Merawat Sepatu Gunung

Comments