Cari Info Lainnya di Sini!

29 Oct 2016

Rekomendasi Tas Carrier Murah namun Tetap Keren dan Nyaman Digunakan

foto @maulanaebin
Tas carrier atau sering disebut keril atau ransel atau juga tas gunung merupakan salah satu perlengkapan dasar yang wajib dimiliki para pendaki gunung. Tas carrier berfungsi sebagai alat pembawa segala perbekalan dan peralatan pendakian yang biasanya tak sedikit, terutama untuk perjalanan mendaki gunung dengan lama waktu lebih dari 2 hari 1 malam.

Seperti kebanyakan produk peralatan, harga biasanya menentukan kualitas dari peralatan tersebut. Semakin mahal harganya, kualitasnya pun akan semakin terjamin, nyaman digunakan dan tak mudah rusak, begitupun sebaliknya. Beberapa brand tas carrier yang sudah terbukti berkualitas namun berharga mahal kebanyakan masih dikuasai produk impor, seperti Deuter, Osprey, REI (USA), The North Face, dan lain sebagainya. Brand lokal yang paling populer karena kualitasnya yang bagus dan desainnya yang kece paling hanya Eiger, itupun kebanyakan dijual dengan harga diatas rata-rata produk lokal dari brand lainnya.

Melihat dari mahalnya harga tas carrier berkualitas seperti yang saya bahas di atas, bisa disimpulkan jika mendaki gunung memang bukan olahraga murah. Itu baru untuk tas carrier saja, belum biaya untuk membeli tenda, peralatan memasak, peralatan tidur, pakaian, biaya perjalanan, dan lain sebagainya. Persoalan harga yang mahal untuk membeli peralatan berkualitas memang masih bisa disiasati dengan cara menyewa dari rental peralatan alat gunung, namun hal itu tak terlalu efektif jika frekuensi mendaki anda cukup sering dan harus terus-terusan menyewa pada rental, dompet tentu saja bisa jebol.

Namun anda harus tetap tenang, di setiap masalah pasti ada berbagai solusi lain yang bisa dipilih, karena faktanya jika dipilih dengan teliti dan hati-hati, banyak juga peralatan mendaki berkualitas yang bisa dibeli dengan harga yang cukup murah. Brand-brand peralatan pendakian lokal yang mulai berani bersaing dengan brand yang sudah sejak lama populer, kini semakin meningkatkan kualitas produk-produknya di pasaran, namun dengan keunggulan harga yang masih cukup terjangkau.

Rekomendasi tas carrier murah namun berkualitas berikut ini mungkin bisa membantu anda yang sedang membutuhkan peralatan mendaki gunung namun terkendala minimnya budget belanja yang dimiliki.

1. Consina Centurion 50

gambar diambil dari sini
Didesain dengan model yang cukup simpel, hanya satu warna dominan dengan sedikit aksen warna lain membuat tas carrier centurion cukup elegan untuk dipakai mendaki ataupun traveling menyusuri kota. Tak terlalu banyaknya aplikasi seperti saku jaring di bagian bawah tiap sisi serta kantong depan dengan risleting kian menambah kesederhanaan desain tas carrier satu ini. Kapasitasnya yang tak terlalu besar ataupun kecil, yakni hanya 50 liter membuat carrier ini bisa digunakan untuk berbagai tipe dan teknik pendakian.

Menurut info terakhir yang saya dapat, tas carrier ini bisa anda beli dengan harga Rp 555.000,- saja.

2. Cozmeed Hedwig

gambar diambil dari sini
Belakangan ini, cozmeed sedang gencar melakukan promosi dan meningkatkan kualitas produk-produknya demi bersaing di pasar peralatan gunung nasional. Hal ini terbukti dengan peningkatan kualitas dan desain seperti yang terlihat pada tas carrier jenis terbarunya, yakni cozmeed hedwig. Desainnya cukup simpel dan menarik, meski bagi saya tulisan hedwig yang dipampang besar-besar di bagian depan carrier agak mengganggu. Ada 3 pilihan warna yang tersedia, yakni hijau terang, biru dan merah.

Menurut info terakhir yang saya dapat, tas carrier ini bisa anda beli dengan harga Rp 599.000,- saja.

3. Cozmeed Poseidon

gambar diambil dari sini
Dari sekian banyak jenis tas carrier yang dijual cozmeed, jika dilihat dari segi desain, menurut saya jenis poseidon yang terbaik. Kombinasi warnanya sangat pas, aplikasinya tak banyak, serta kapasitas dan beratnya juga sangat pas, terutama untuk anda yang suka dengan teknik mendaki ultralight. Poseidon memiliki kapasitas 50 liter dengan berat 1,4 kg dengan harga yang sangat murah.

Menurut info terakhir yang saya dapat, tas carrier ini bisa anda beli dengan harga Rp 475.000,- saja.

4. Avtech Davura 60L

gambar diambil dari sini
Jenis yang cukup baru dari brand Avtech ini bisa jadi pilihan bagus untuk anda. Dengan kapasitas 60 liter dengan bahan yang cukup awet dan kuat, Davura bakal jadi senjata yang tangguh untuk diandalkan mendaki berbagai medan. Desainnya cukup keren dengan tak banyak warna dan aksen yang tak perlu.

Menurut info terakhir yang saya dapat, tas carrier ini bisa anda beli dengan harga Rp 450.000,- saja.

5. Consina Bering

gambar diambil dari sini
Simple dan tegas, itulah gambaran pertama saya saat melihat produk tas carrier satu ini. Consina bering sangat cocok untuk anda yang tak suka basa-basi dan tak banyak gaya saat mendaki. Desainnya yang tegas tersebut mencerminkan kekuatan dan ketangguhan tas carrier satu ini.

Menurut info terakhir yang saya dapat, tas carrier ini bisa anda beli dengan harga Rp 570.000,- saja.

6. Consina Extraterrestrial

gambar diambil dari sini
Lagi-lagi saya merekomendasikan jenis lain dari tas carrier produk Consina. Mengapa kebanyakan dari Consina? Karena menurut penulis, selain Eiger, brand lokal yang peroduknya sangat berkualitas adalah Consina. Selain itu keunggulan dari Consina adalah harganya yang sangat terjangkau untuk kalangan pendaki yang ekonominya pas-pasan seperti saya, hehe. Fakta yang saya katakan barusan tercermin dalam tas carrier bertipe Extraterrestial ini. Dengan harga dibawah 600 ribu rupiah saja, anda bakal mendapatkan tas carrier yang elegan dan keren dari segi desain, kualitas bahan yang bagus, serta kapasitas yang mumpuni untuk perjalanan panjang sekalipun.

Menurut info terakhir yang saya dapat, tas carrier ini bisa anda beli dengan harga Rp 555.000,- saja.

***

Sebenarnya masih banyak tas carrier murah dari brand lain yang tersedia di pasaran, seperti dari Royal Mountain, Jayagiri, REI (Indonesia) dan lain sebagainya yang cocok untuk dimasukkan kedalam daftar rekomendasi ini. Namun terus terang saya belum mempunyai pengalaman menggunakan produk dari brand-brand tersebut, sehingga rasanya kurang layak jika merekomendasikan peralatan yang belum saya ketahui kualitasnya.

Jika ada kawan-kawan yang punya rekomendasi lain yang cocok dengan kategori dalam tulisan ini, yakni tas carrier murah namun kece dan berkualitas, silahkan tuliskan dalam kolom komentar, siapa tahu bermanfaat untuk kawan-kawan lainnya.

Mohon maaf jika ada kesalahan data dan kata-kata, semoga bermanfaat, salam lestari!

Baca juga : Tips memilih keril untuk mendaki gunung.

1 comments

Zainal MuttaQien said...

Kaya saya lagi pengin yang 40 tapi yang semi carrier gan, tapi nyari nyari belum ada yang pas di hati, nemu eiger taapi harganya gak pas di kantong :(