10 Peralatan Survival yang Harus Selalu Anda Bawa saat Bertualang di Alam

multi-tool sebagai peralatan survival penting
Peralatan Survival - Resiko dan ancaman bahaya merupakan bagian dari petualangan alam bebas. Sebaik apapun persiapan yang dilakukan, dan sehebat apapun skill yang dipunyai oleh petualang, resiko dan ancaman bahaya tak boleh diabaikan begitu saja, dan harus mendapatkan perhatian khusus untuk langkah-langkah pencegahan dan penanganannya. Salah satu persiapan untuk menghadapi ancaman bahaya yang dapat membahayakan keselamatan antara lain dengan mempelajari teknik-teknik survival (cara bertahan hidup di alam) dan selalu membawa peralatan survival (survival kit) kapan pun kita akan pergi bertualang.

Beberapa peralatan survival berikut ini sangat saya rekomendasikan untuk selalu anda bawa di setiap perjalanan petualangan. Meski peralatan ini kemungkinan besar tak akan terpakai (jika perjalanan berlangsung aman), namun akan sangat menolong jika sewaktu-waktu anda dihadapkan pada kondisi buruk yang mengancam keselamatan nyawa.

1. Pisau Saku atau Multi-tool

Inilah peralatan paling penting yang harus selalu anda bawa, karena fungsinya memang sangat vital. Multi-tool dengan beragam peralatan dan fungsi yang bermanfaat dalam satu barang bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan penting dalam usaha bertahan hidup di alam (survival). Selain itu, kemasannya yang sangat simple dan mudah dibawa juga tak akan mengganggu pergerakan atau menambah beban perjalanan anda. Multi-tool atau pisau saku akan selalu berguna tak hanya untuk keperluan saat kondisi survival saja, namun setiap saat.

2. Makanan (Beserta Pengetahuan dan Skill Memperoleh Makanan di Alam)

Membawa cadangan makanan berlebih akan sangat menolong untuk memperpanjang hidup anda manakala dihadapkan pada situasi tersesat di gunung atau terjebak di satu tempat karena alasan tertentu. Cadangan makanan akan vital perannya dalam membantu usaha anda untuk bisa bertahan hidup selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu saat menunggu bantuan ataupun mencari jalan keluar. Cadangan makanan khusus survival (atau makanan TNI) biasanya punya kemasan yang lebih simpel dengan kandungan gizi yang akan mencukupi kebutuhan tubuh anda.

Selain membawa makanan cadangan, anda pun perlu mengasah skill dan pengetahuan tentang cara mendapatkan makanan dari alam liar. Anda bisa mempelajari berbagai jenis tanaman liar yang bisa dan tidak bisa dimakan. Mempelajari bagaimana cara membuat jerat, menangkap ikan, dan cara berburu lainnya juga akan sangat bermanfaat.

3. Pemantik api

Api merupakan salah satu bagian terpenting yang sangat dibutuhkan manusia, terutama saat berada dalam kondisi buruk di alam liar. Api punya banyak fungsi, dari mulai memasak makanan, menghangatkan tubuh, hingga mengusir hewan liar. Maka dari itu, alat pemantik api seperti korek, ataupun pasangan batu api dan besi untuk membuat api unggun harus selalu anda bawa, terutama jika anda tak terlalu mahir dengan cara membuat api tanpa korek.

4. Peralatan P3K

Terkadang, jika petualangan yang kita lakukan berjalan dengan aman dan lancar, membawa kotak P3K hanya menjadi beban tambahan yang tak berguna. Namun jangan meremehkan peralatan satu ini, dalam kondisi buruk, peralatan P3K bisa saja menyelamatkan nyawa anda. Maka dari itu, kapan pun anda pergi bertualang, jangan lupa untuk membawa peralatan satu ini!

5. Tali

Tali merupakan peralatan survival yang sangat berharga dengan fungsi yang sangat vital. Tali bisa menolong jika anda terjebak di jurang ataupun menghadapi medan terjal yang sulit untuk dilewati. Selain itu, tali juga bisa digunakan sebagai alat pengikat yang kuat untuk berbagai kebutuhan. Namun, membawa tali kernmantel di setiap perjalanan tentu saja akan sangat merepotkan dan sangat menambah beban. Solusinya, anda bisa membawa tali yang lebih ringan dan simpel seperti webbing, prusik, atau paracord. Khusus untuk tali paracord, anda juga bisa membuat berbagai kerajinan untuk aksesoris seperti gelang paracord, kalung atau gantungan kunci agar lebih praktis dan nyaman untuk dibawa.

6. Flysheet

Sehebat apapun anda mampu membuat bivak alam, dan sebagus apapun bivak alam dari dedaunan yang anda buat, tetap saja shelter yang dibuat dari flysheet atau terpal akan lebih nyaman dan tahan lama untuk digunakan. Maka dari itu, flysheet termasuk peralatan survival penting yang harus anda bawa. Selain sangat bermanfaat untuk digunakan dalam kondisi survival, flysheet juga sangat berguna untuk kebutuhan shelter mendadak seperti misalnya saat tiba-tiba anda terjebak hujan di tengah perjalanan.

7. Peluit

Untuk apa peluit harus kita bawa dalam perjalanan petualangan? Emangnya kita tukang parkir atau wasit pertandingan olahraga. Jangan salah, peluit bisa menjadi alat yang sangat vital terutama jika kita menghadapi situasi tersesat atau terjebak tak bisa bergerak di satu tempat karena kecelakaan. Peluit berguna untuk memberikan sinyal yang menandakan posisi tempat kita berada kepada regu penolong yang mungkin berada tak jauh dari posisi kita. Ukuran peluit yang kecil juga memudahkan untuk dibawa, sehingga tak ada salahnya anda selalu membawa peralatan ini kemanapun anda pergi bertualang.

8. Kompas dan Peta

Terus terang saya sendiri pernah mengalami betapa sulitnya untuk keluar dari situasi tersesat jika tak anda kompas dan peta sebagai peralatan navigasi. Insting dan naluri saja tidak akan cukup, tanpa peta dan kompas, kita akan benar-benar buta di tengah alam liar yang tak kita kenal. Maka dari itu, membawa peta dan kompas dalam setiap perjalanan wajib hukumnya bagi para petualang. Dan jangan lupa untuk belajar ilmu navigasi darat, karena tanpa ilmu itu, 2 peralatan ini tak bakal banyak membantu.


9. Lakban (Duct tape)

Lakban punya banyak fungsi yang bisa mengatasi berbagai situasi mendesak terutama yang berkaitan dengan kerusakan peralatan. Lakban bisa menambal tenda yang bocor, tas yang sobek, pengikat apapun, pelapis sepatu, dan lain sebagainya. Dengan berbagai fungsi penting tersebut, duct tape menjadi salah satu barang wajib untuk melengkapi peralatan survival anda.

10. Nylon Cable Tie (Tali Pengikat Kabel)

Ripet, atau tali pengikat kabel sebenarnya terlihat sepele dan agak kurang meyakinkan jika dibawa bertualang, padahal alat ini punya banyak fungsi yang bakal sangat berguna. Ripet bisa digunakan sebagai pengikat darurat saat tali keril anda putus. Dengan bahan plastik yang kuat, ripet juga bisa digunakan untuk mengikat berbagai hal dengan sangat baik. Selain itu, ripet dengan warna mencolok bisa digunakan sebagai pemberi tanda jejak saat anda tersesat atau tak yakin dengan jalur yang anda lewati.

***

Itulah 10 peralatan survival dengan fungsi penting yang harus selalu anda bawa dalam setiap petualangan. Mohon berikan koreksi jika anda kata-kata, kalimat, ataupun materi yang salah. Dan jangan ragu untuk menuliskan di kolom komentar jika anda punya saran lain tentang peralatan survival yang harus dibawa petualang. Semoga bermanfaat, salam lestari!

sumber gambar : pixabay.com

Comments

Popular Posts