Gunung Sindoro (3.150 mdpl)


Di dunia pendakian Indonesia, nama gunung Sindoro-Sumbing sangat populer sebagai salah satu gunung kembar yang layak untuk dijadikan arena bertualang. Selain karena letaknya yang berdekatan, untuk ukuran gunung di pulau Jawa, 2 Gunung di provinsi Jawa Tengah ini juga mempunyai ketinggian yang lumayan menjulang, sehingga tak heran banyak pendaki berbondong-bondong datang untuk mencicipi tantangan dan keindahan 2 gunung ini.

Untuk gunung Sumbing, beberapa waktu lalu saya telah membuat ulasan lengkapnya di artikel ini. Dan di tulisan kali ini, saya akan berfokus membahas saudara kembar si Sumbing, yakni Gunung Sindoro. Tak perlu berlama-lama, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Lokasi Gunung Sindoro

Note : Arah utara ke atas ya, lupa tidak dicantumkan, hehe
Seperti yang sedikit sudah dibahas di awal, Gunung Sindoro atau banyak juga yang menyebutnya dengan nama Sindara berada di provinsi Jawa Tengah, tepatnya masuk ke dalam wilayah administratif kota Wonosobo dan Temanggung. Maka dari itu, jika kawan-kawan ingin mendaki gunung ini, destinasi pertama yang harus dituju adalah kedua kota tersebut.

Info Pendakian Gunung Sindoro

di bawah ini poin-poin di gambar akan coba saya bahas satu persatu.

1. Cara menuju ke Gunung Sindoro

Jika anda datang dari arah barat, bus jurusan Purwokerto-Semarang bisa jadi pilihan. Sedangkan jika datang dari arah timur, bisa naik bus jurusan Yogyakarta-Temanggung. Karena jalur pendakian yang populer digunakan para pendaki adalah jalur kledung, dan ada jalan raya yang sering disebut Kledung Pass membentang membelah gunung Sindoro dan Sumbing, anda bisa dengan mudah menuju ke sini. Jika anda ingin sekalian mendaki Gunung Sumbing, Desa Kledung sangat cocok untuk dijadikan check point, karena pos pendakian Gunung Sumbing juga tak jauh dari sini.

2. Persyaratan Pendakian

Persyaratan untuk mendaki Gunung Sindoro tak terlalu ribet, anda hanya perlu membayar sejumlah uang untuk membeli tiket pendakian di pos pendaftaran. Demi keamanan, usahakan untuk menuliskan data diri lengkap atau lebih baik sambil memberikan fotokopi KTP dan nomor kontak yang bisa dihubungi, agar jika hal buruk terjadi, pertolongan akan lebih mudah dilakukan.

Biaya yang dibutuhkan untuk mendaki Gunung Sindoro juga terbilang murah, hanya Rp. 7.000,- per orangnya. Jika membawa kendaraan pribadi, anda tentu akan dikenakan biaya tambahan untuk penitipan.

3. Jalur Pendakian Gunung Sindoro

Ada 2 jalur pendakian yang cukup populer digunakan para pendaki Gunung Sindoro, yakni jalur Kledung dan jalur Sikatok/Sigedang Tambi.

Jalur Kledung lebih sering dipilih para pendaki karena lokasi basecamp-nya dekat jalan raya, sehingga mudah dijangkau. Selain itu, dari basecamp jalur Kledung, posisi pos jalur Garung Gunung Sumbing juga tak terlalu jauh, sehingga memudahkan para pendaki yang ingin sekalian mendaki Gunung Sumbing.

Mendaki Sindoro lewat jalur Kledung butuh waktu sekitar 7-8 jam perjalanan menuju ke puncak. Sedangkan untuk mendaki lewat jalur Sikatok/Sigedang, waktu yang dibutuhkan lebih singkat, yakni 6,5-7 jam perjalanan.

4. Tips Mendaki Gunung Sindoro

1. Persiapkan fisik dan mental, latihlah kekuatan fisik anda minimal seminggu sebelum waktu pendakian.

2. Lakukan riset dan pelajari terlebih dahulu berbagai info tentang Gunung Sindoro, usahakan untuk mendaki dengan ditemani kawan, guide, atau siapapun yang sudah pernah mendaki gunung ini.

3. Pilihlah waktu pendakian yang tepat, jika cuaca sedang sangat buruk dan tak memungkinkan untuk mendaki dengan aman, lebih baik tunda dulu waktu pendakian.

4. Selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan, baik saat mendaki naik maupun turun gunung. Gunung Sindoro punya medan pendakian terjal berbatu yang cukup berbahaya, sehingga rentan menimbulkan kecelakaan.

5. Jangan lupa berdoa, hargai dan hormati adat istiadat masyarakat setempat, serta jangan merusak alam sekitar.

5. Info Lain yang Perlu Anda Tahu  

- Karakteristik Medan :

Gunung Sindoro didominasi vegetasi hutan dan saban atau padang rumput. Medan pendakiannya cukup terjal dengan kemiringan yang cukup curam di beberapa titik. Karakteristik tanahnya cenderung berbatu, untuk itu, demi keamanan dan kenyamanan, anda harus memakai sepatu gunung dengan kualitas bagus untuk mendaki gunung ini,

- Sumber Air Bersih :

Di sepanjang jalur pendakian gunung ini tidak ada sumber air bersih yang layak untuk diminum, jadi sebaiknya anda bersiap membawa perbekalan air secukupnya untuk kebutuhan sepanjang pendakian. Jika mendaki di musim hujan, dan anda cukup beruntung, air untuk memasak kadang bisa ditemukan di genangan dekat kawah.

- Tempat Berkemah :

Puncak Sindoro punya lapangan luas untuk dijadikan tempat berkemah, apalagi jika anda mendaki dari jalur Sikatok/Sigedang Tambi yang punya jarak tempuh lebih pendek dari jalur lainnya, berkemah di puncak bisa jadi pilihan bagus. Sedangkan untuk jalur pendakian Kledung, pos 3 bisa dijadikan tempat untuk berkemah yang cukup nyaman sebagai tempat beristirahat memulihkan tenaga untuk mendaki ke puncak esok harinya.

***

Itulah sedikit informasi tentang Gunung Sindoro yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan semua. Jika ada informasi yang salah, atau kawan-kawan ingin melengkapi info yang kurang, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat, salam lestari!

Sumber gambar cover : gunungbagging.com

Comments

Popular Posts