4 Fakta tentang GORE-TEX yang Perlu Anda Tahu


Saat hendak membeli jaket anti air (waterproof), anda tentunya ingin memastikan terlebih dahulu jika jaket yang akan anda beli terbuat dari bahan yang benar-benar mampu menahan partikel air meresap masuk dan juga mampu mengeluarkan panas yang dihasilkan tubuh (breathable).

Untuk memenuhi kriteria tersebut, ada banyak sekali produk berkualitas yang tersedia di pasaran, namun, dari sekian banyak, hanya satu nama yang cukup terkenal dan telah dipercaya memiliki kualitas terbaik olah banyak pihak. Produk tersebut bernama GORE-TEX.

GORE-TEX terkenal sebagai produsen bahan pakaian yang paling tahan air (waterproof), tahan angin (windproof) dan memiliki sistem respirasi yang baik (breathable). Karena kualitas terbaik di setiap produknya, GORE-TEX telah banyak dipercaya oleh banyak brand peralatan outdoor dunia. Jangan heran jika anda akan dapat menemukan logo GORE-TEX pada hampir semua peralatan mendaki gunung seperti mantel, jaket, atau sepatu gunung.

Secara garis besar, kita sudah tahu dan mengenal GORE-TEX, tapi sebenarnya apa sih yang membuat bahan kain ainti air ini begitu istimewa? Dalam tulisan ini saya akan coba membagikan informasi tentang beberapa fakta yang perlu anda tahu tentang GORE-TEX.

1. Apa itu GORE-TEX?

Sederhananya, GORE-TEX adalah bahan pakaian atau kain yang kuat, awet, tahan air, tahan angin dan sangat breathable yang biasa ditemukan di banyak pakaian, sepatu dan aksesoris, terutama untuk kegiatan luar ruangan.

GORE-TEX terbuat dari pengembangan polytetrafluoroethylene (atau disingkat ePTFE), yang diciptakan oleh Bob Gore pada tahun 1969 ketika ia dengan cepat mengembangkan PTFE dalam suatu kondisi tertentu. Hasilnya adalah bahan yang sangat kuat, material mikro yang memiliki daya serap air yang rendah dan sifat pelapukan yang cukup baik - sebuah solusi sempurna untuk bahan pakaian luar.

Pada tahun 1978, W.L. Gore & Associates secara resmi meluncurkan produk pertama GORE-TEX, bahan pakaian pertama di dunia yang benar-benar tahan air, tahan angin dan breathable. Bahan pakaian baru ini mampu menahan air dan hujan tidak menembus masuk, dan juga memungkinkan keringat dan panas tubuh untuk keluar dari dalam.

2. Bagaimana GORE-TEX bekerja?


Kain yang mampi menghalangi air untuk tidak menembus relatif sederhana dan mudag dibuat. Namun, menciptakan kain yang menghalangi air sementara memungkinkan keringat dan suhu tubuh untuk keluar dengan mudah, tentu jauh lebih sulit. Rahasia sukses GORE-TEX terletak pada beberapa fitur berikut ini:

Membran inti

Inti teknologi GORE-TEX adalah membran yang sangat tipis. Membran ini berisi lebih dari 9 miliar pori-pori mikroskopis, sekitar 20.000 kali lebih kecil dari setetes air, tetapi 700 kali lebih besar dari molekul uap air. Ini berarti bahwa air dalam bentuk cairan tidak dapat lolos ke dalam membran, tapi air sebagai uap air dari keringat diperbolehkan untuk lolos ke luar.

Laminasi

Fitur lain dari GORE-TEX adalah bagian laminasi. Laminasi ini adalah bagian yang merekatkan membran inti dengan kain utama, biasanya bahan sintetis seperti nilon.

Jahitan tersegel

Jahitan yang disegel dengan baik membuat seluruh bagiam luar jaket benar-benar tahan air dan tak mungkin mengalami kebocoran. Jika anda melihat jaket tahan air dengan lebih seksama, anda akan menemukan strip dari pita yang digunakan untuk menutup setiap celah di sekitar jahitan.

3. Tipe GORE-TEX apa saja yang tersedia?

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi GORE-TEX terus berkembang pesat, dan saat ini ada berbagai jenis kain GORE-TEX yang tersedia. 3 diantaranya adalah:

GORE-TEX

Seperti telah dibahas sebelumnya, GORE-TEX adalah kain serbaguna yang dapat digunakan sebagai bahan peralatan untuk semua jenis kegiatan, dari mulai aktivitas luar ruangan hingga pakaian sehari-hari. Bahan GORE-TEX sangat kuat dan awet, tahan angin, tahan air dan breathable. GORE-TEX bisa dirancang dengan dua atau tiga lapisan, tergantung untuk kegiatan seperti apa bahan ini akan digunakan.

GORE-TEX Active

Seperti namanya, GORE-TEX Active lebih cocok digunakan untuk kegiatan yang lebih energik seperti ski, bersepeda atau mendaki gunung. Tipe ini memiliki keunggulan bahan yang lebih breathable dan kuat, sehingga akan tetap nyaman dipakai saat tubuh anda aktif bergerak dan menghasilkan banyak panas. GORE-TEX Active sangat ringan, memiliki sistem breathable yang sangat baik dan dibuat dengan konstruksi tiga lapisan bahan untuk perlindungan tambahan.

GORE-TEX Pro

GORE-TEX Pro dirancang dan dimodifikasi sedemikian rupa hingga menghasilkan bahan yang sangat kuat, tahan lama dan mampu digunakan dalam kondisi ekstrim untuk jangka waktu yang panjang. GORE-TEX Pro akan memberikan perlindungan maksimal untuk digunakan pada kegiatan outdoor yang lebih ekstrem, seperti mendaki gunung yang butuh waktu berhar-hari dengan kondisi cuaca yang sangat ekstrem.

4. Peralatan apa saja yang menggunakan teknologi GORE-TEX?

Jaket Gunung

Peralatan yang paling cocok dengan teknologi GORE-TEX tentu adalah jaket gunung. Jaket berbahan GORE-TEX yang anti air, kuat, awet, dan sangat breathable akan memberikan perlindungan maksimal yang anda butuhkan untuk digunakan pada hampir semua jenis kegiatan luar ruangan.

Sepatu Gunung

Teknologi GORE-TEX pada sepatu gunung akan membuat sepatu jadi lebih nyaman digunakan dan tahan air. Apapun medan dan kondisi yang harus anda lalui, entah itu tanah becek berlumpur, sungai kecil berair deras, padang savana berudara panas, sepatu berbahan GORE-TEX dijamin akan membuat kaki anda tetap kering dan nyaman.

Sarung Tangan

Produk lain yang turut memanfaatkan teknologi GORE-TEX adalah sarung tangan. Sarung tangan berbahan GORE-TEX akan bisa digunakan dalam segala kondisi cuaca, yang berarti tangan anda akan tetap hangat ketika udara sedang sangat dingin dan tetap kering ketika anda berkeringat karena hawa sedang panas.



FYI : Informasi lebih lengkap bisa anda akses di www.gore-tex.com.
Sumber gambar : www.gore-tex.com

Comments

Popular Posts