8 Fungsi Tali Paracord sebagai Barang yang Wajib dibawa Para Petualang

gambar diambil dari rwrope.com
P-cord atau parachute cord atau lebih populer dan dikenal dengan nama paracord adalah alat survival paling serbaguna. Di tengah krisis kekurangan sutra saat Perang Dunia II, militer Amerika Serikat mulai menggunakan benang atau tali dari nylon untuk kebutuhan tali yang menghubungkan parasut dengan tas yang dibawa penerjun. Penemuan ini kemudian berkembang pesat, hingga paracord kita menjadi barang wajib bawaan para prajurit yang biasa digunakan di lapangan untuk berbagai kebutuhan darurat.

Selain digunakan oleh kalangan militer, kini tali paracord telah banyak dipakai para petualang alam bebas, sebagai peralatan survival yang harus selalu dibawa. Agar mudah dibawa, dan mempunyai fungsi lebih sebagai aksesoris, biasanya para petualang menjadikan tali paracord sebagai gelang, gantungan kunci, dll.

Fungsi Tali Paracord

Dalam pembukaan di atas, sudah dijelaskan berbagai fungsi dari tali serbaguna bernama paracord ini. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan sebagai petualang alam bebas, berikut ini ada beberapa fungsi lain dari paracord yang mungkin akan sangat bermanfaat untuk kawan-kawan semua.

1. Paracord bisa dibuat menjadi tourniquet sebagai alat pertolongan pertama.

gambar diambil dari mymedic.us

2. Tali bagian dalamnya bisa digunakan sebagai pembersih gigi, benang untuk menjahit luka atau tali untuk memancing.

gambar diambil dari goinggear.com

3. Selain bisa dibuat menjadi tourniquet, tali paracord juga bisa diandalkan sebagai pengikat splint (potongan kayu untuk menjepit bagian kaki atau tangan yg terkena patah tulang).

gambar diambil dari mymedic.us

4. Paracord juga bisa digunakan sebagai tali pengikat untuk membuat blankar darurat.

gambar diambil dari mymedic.us

5. Membuat tali penyangga (sling) untuk tangan yang mengalami cedera.

gambar diambil dari amazon.com

6. Pengganti tali sepatu yang putus.

gambar diambil dari instructables.com

7. Pengganti tali tenda dan pengikat hammock.

gambar diambil dari pixabay.com

8. Sebagai aksesoris keren jika dibuat gelang atau gantungan kunci.

gambar diambil dari paracordguild.com


Itulah sedikit fungsi tali paracord yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan semua. Barangkali ada yang terlewat atau masih banyak fungsi lain dari paracord yang belum masuk dalam tulisan ini, silahkan meluangkan waktu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat, salam lestari!

Comments

Popular Posts