10 Peralatan Utama Mendaki Gunung


Mendaki gunung merupakan hobi yang menyenangkan namun cukup ribet untuk dilakukan, karena butuh banyak peralatan penting yang harus dibawa. Peralatan ini merupakan modal berharga yang harus dipersiapkan dengan baik oleh setiap pendaki gunung, karena berkaitan dengan keselamatan sang pendaki saat sedang bertualang di alam bebas. Bahkan, saking pentingnya, (dalam kondisi tertentu) peralatan yang dibawa dan digunakan oleh pendaki bisa menentukan hidup dan mati.

Kebanyakan pendaki biasanya pergi bertualang dalam sebuah regu atau grup pendakian yang berisi minimal 3 orang. Dan sebuah grup pendaki pastinya terdiri dari satu kesatuan kelompok dan individu-individu yang membentuk regu tersebut, oleh karena itu, peralatan penting yang harus dibawa pun terbagi kedalam peralatan pribadi dan peralatan kelompok. Apa saja peralatan utama dari masing-masing kelompok ini, berikut penjelasan singkatnya.

Peralatan Pribadi

Peralatan pribadi merupakan sarana yang akan mendukung keamanan dan kenyamanan seorang pendaki saat sedang bertualang. Disini, berdasarkan penting dan tidaknya sebuah alat, saya mengerucutkan berbagai macam peralatan pribadi menjadi 6 peralatan saja, mari kita bahas satu persatu.

1. Carrier/Keril

sumber : pixabay.com
Keril atau backpack jelas merupakan peralatan paling penting bagi seorang pendaki, perannya sebagai alat untuk membawa semua peralatan dan perbekalan yang dibutuhkan untuk mendaki gunung.

Untuk menentukan keril yang tepat untuk dibawa, kamu perlu memperhatikan berbagai faktor, antara lain lama waktu perjalanan, jumlah barang yang harus dibawa, dan tingkat kenyamanan yang diinginkan. Lebih lengkapnya, silahkan baca tips memilih keril untuk mendaki.

2. Sepatu Gunung

sumber : pixabay.com
Saat mendaki, kaki adalah alat paling penting untuk mendungkung mobilisasi dan pergerakan kita, oleh karena itu, kaki harus diperlakukan dengan istimewa, agar tetap dalam kondisi yang baik, jauh dari cedera, dan bisa diandalkan sepanjang perjalanan. Salah satu cara terbaik untuk melindungi kaki adalah dengan menggunakan sepatu gunung yang tepat.

(baca juga "Tips Memilih Sepatu Gunung" dan "Tips Merawat Sepatu Gunung")

3. Alat Penerangan

sumber : pixabay.com
Sebaik apapun kita melakukan perencanaan dan persiapan, hampir bisa dipastikan, kenyataan di lapangan tak akan sesuai 100% dengan rencana. Maka dari itu, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan tersebut, terutama molornya waktu perjalanan yang bisa saja membuat kita kemalaman di tengah jalan, alat penerangan menjadi peralatan wajib yang harus dibawa.

Selain itu, alat penerangan juga sangat dibutuhkan saat kita harus melakukan aktivitas di malam hari, seperti memasak, beres-beres, dll.

4. Alas Tidur

sumber : lightspeedoutdoors.com
Untuk urusan tidur, sebenarnya, masih ada alas tenda untuk menghindarkan kita tidur langsung di atas permukaan tanah. Namun alas tenda yang tipis biasanya tidak akan memberikan perlindungan yang cukup dari dinginnya permukaan tanah, maka dari itu, alas tidur berupa matras karet atau aluminium sangat dibutuhkan demi menghangatkan tubuh kita saat tidur.

5. Sleeping Bag

sumber : adventuretravelbuzz.com
Perannya sebagai pelindung tubuh dari udara dingin pegunungan membuat sleeping bag atau kantong tidur menjadi barang wajib yang harus selalu dibawa saat pergi mendaki. Tanpa sleeping bag, dijamin kamu tak bakal tidur nyenyak karena menggigil kedinginan, apalagi jika berada di gunung tinggi yang terkenal memiliki udara super dingin.

6. Jas Hujan

sumber : milfordtrack.net
Ketika hendak mendaki di musim hujan, sudah pasti jas hujan menjadi peralatan terpenting yang harus kita bawa. Namun, meski kita mendaki di musim kemarau, jangan remehkan cuaca dengan meninggalkan jas hujan di rumah, karena daerah pegunungan dikenal punya cuaca yang bisa cepat berubah dan tak penah bisa ditebak. Maka dari itu, kapanpun dan kemanapun kita akan mendaki, jas hujan harus selalu kita packing di bagian atas keril.

Peralatan Kelompok

Enaknya mendaki kelompok adalah kita dapat membagi-bagi beban dari beberapa peralatan kelompok di bawah ini dengan teman seperjalanan. Sedangkan jika kamu mendaki sendirian, terpaksa barang-barang ini harus kamu bawa sendirian. Berikut beberapa peralatan kelompok yang perannya paling penting dan paling wajib dibawa para pendaki.

1. Tenda

sumber : pixabay.com
Saat sedang bertualang di alam bebas, tenda adalah satu-satunya tempat yang bisa memberikan perlindungan dari hujan, panas, dingin, dan ancaman lain yang bisa membahayakan diri. Maka dari itu, jika kamu ingin mendapat perlindungan dan kenyamanan maksimal, kamu harus membawa tenda dengan kualitas terbaik.

Untuk karakteristik iklim dan pegunungan di Indonesia, akan lebih baik untuk memilih tenda yang memiliki 2 layer, apalagi jika mendaki saat musim hujan.

(Baca juga "Tips Memilih Tenda untuk Camping")

2. Alat Masak

sumber : amazon.com
Kompor jelas sangat dibutuhkan oleh setiap pendaki, terutama dalam pendakian yang butuh waktu berhari-hari perjalanan. Karena dalam setiap pendakian, urusan asupan nutrisi yang diperoleh dari makanan, jelas merupakan salah satu hal penting yang tak boleh diremehkan.

Dengan kompor yang berkualitas dan bisa dipakai di segala medan dan kondisi, urusan masak memasak makanan akan mudah dilakukan. Ada berbagai jenis kompor lapangan yang bisa dipilih, salah satu yang terbaik adalah kompor trangia yang berbahan bakar spiritus.

(Baca juga "Tips Memilih Kompor Lapangan")

3. Peralatan Navigasi

sumber : pixabay.com
Peralatan navigasi seperti kompas, peta topografi dan GPS adalah peralatan yang perannya sangat vital namun banyak disepelekan oleh para pendaki, terutama mereka yang tidak berasal dari kelompok pecinta alam.

Dalam setiap pendakian, ada banyak sekali potensi bahaya yang bisa terjadi, salah satu yang paling sering terjadi adalah tersesat kehilangan arah. Saat hal itu terjadi, peralatan navigasi akan menjadi penolong yang bisa menghindarkan kita dari kejadian terburuk, mati karena tersesat di gunung.

4. Peralatan P3K dan Survival

sumber : pixabay.com
Sama seperti peralatan navigasi, peralatan P3K dan survival kit juga sering diremehkan banyak petualang. Memang, jika perjalanan pendakian kita berlangsung lancar tanpa ada kejadian buruk menghadang, 2 peralatan ini tak akan berguna sama sekali.

Namun kejadian buruk tak pernah bisa kita terka kapan akan menimpa kita. Untuk itu, kita perlu selalu bersiap untuk menghadapi kondisi terburuk dengan membawa 2 peralatan ini yang akan sangat menolong manakala kita berada dalam situasi buruk yang mengancam keselamatan diri.

***

Itulah 10 Peralatan Utama Mendaki Gunung versi Blue Tripper. Ke sepuluh peralatan diatas merupakan barang wajib yang harus dibawa saat kita mendaki dalam grup besar ataupun mendaki seorang diri saja. Semoga bermanfaat, salam lestari!

Baca juga :
Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung (Lengkap)
Barang Penting yang harus Dibawa Leader Pendakian
Mau Mendaki Gunung, Apa saja yang Harus Kamu Persiapkan?

Comments

Popular Posts