Gear Review : Tenda Dome Lafuma Campo 2


Tenda Dome Lafuma Campo 2 - Tenda bukan sekedar peralatan penting, namun merupakan rumah kedua bagi para petualang, terutama yang hobi mendaki gunung. Tenda adalah tempat berlindung dari buruknya cuaca, dinginnya udara malam, dan ancaman-ancaman lain yang seringkali harus dihadapi kala bertualang selama berhari-hari di tengah hutan belantara.

Karena perannya yang teramat penting, memiliki tenda dengan kualitas terbaik tentu menjadi salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi para petualang. Dan menurut saya, salah satu tenda dome berkualitas dengan harga cukup terjangkau yang bisa dijadikan salah satu pilihan terbaik adalah Lafuma Campo 2.

Berikut ini, saya akan coba memberikan sedikit review tentang keunggulan dan kekurangan tenda dome Lafuma Campo 2, berdasarkan pengalaman selama beberapa tahun menggunakan tenda ini untuk bertualang di alam bebas.

Spesifikasi Tenda Lafuma Campo 2

Capacity: 2-3 Persons
Length: 210 cm + 40 cm.
Width: 150 cm.
Hight: 120 cm.
Weight: 3,4 Kg.
Ineer Polykatoen.
Fire retardant .

Exterior :

Self-supporting dome
Polyester 185 T double roof (Schmerber 1500 polyurethane coating)
Poles fiberglass 79 mm X 2.
Watertight seams
Galvanised steel pegs
2 ventilation flaps
1 central entrance.

Interior :

Breathable polyester tent lining with 1 entrance
Polyethylene ground sheet
1 ceiling light hook
2 storage pockets.

Tenda Lafuma Campo 2 sangat mudah dipasang

Keunggulan


1. Tak butuh ruang yang besar untuk didirikan.

Dengan kapasitas untuk 2 orang, ukuran tenda ini cukup kecil dan simpel, sehingga dalam ruang yang sempit pun, tenda ini masih dapat didirikan. Hal ini akan sangat berguna saat kita menghadapi situasi dimana tempat berkemah yang kita tuju ternyata sudah dipenuhi oleh tenda pendaki lain. Kita hanya perlu mencari sedikit ruang diantara tenda-tenda pendaki lain untuk bisa mendirikan tenda ini.

2. Aman dari kebocoran.

Berikutnya, sistem 2 layer yang ada pada tenda ini akan menjamin keamanan kita saat menghadapi situasi cuaca yang sangat buruk sekalipun. Karena kualitas bahan layer bagian luarnya yang bagus, tenda ini sangat aman dari kebocoran. Sistem ventilasi berupa ruang udara di bagian atas tenda juga sangat berguna untuk menghindari kondensasi.

3. Mudah dipasang.

Dikala beberapa jenis tenda lain sangat ribet dan butuh waktu lama untuk dipasang, Lafuma Campo 2 sangat mudah dan cepat untuk dipasang. Keunggulan ini akan sangat berguna saat kita berada dalam situasi terdesak dimana tenda harus cepat berdiri untuk memberi perlindungan.

4. Desain simpel, menarik untuk dilihat, dan punya warna mencolok.

Bentuk tenda ini sangat simpel dan efisien, dengan sistem pemasangan yang tak terlalu rumit. Karena saya cukup suka bentuk yang simpel, dari segi estetika, menurut pendapat saya, tenda ini cukup menarik dan enak untuk dilihat. Karena warnanya yang cukup mencolok, tenda ini tentu akan mudah terlihat meski tersembunyi di balik pepohonan atau semak-semak sekalipun, sehingga tak akan menyulitkan orang yang mencari posisi tenda kamu.

5. Tahan lama dan tidak mudah rusak.

Menurut pengalaman saya, masalah yang sering terjadi pada tenda biasanya hanya berkisar pada kasus tulangan frame yang mudah patah, dan lapisan layer yang mudah bocor setelah beberapa kali pemakaian saja. Namun selama beberapa tahun menggunakan tenda dome Lafuma Campo 2, saya tidak mengalami masalah tersebut. Dengan perawatan yang tepat dan penggunaan yang baik, saya rasa tenda ini akan bertahan dalam kondisi terbaiknya dalam waktu yang cukup lama.

Kekurangan


1. Tidak memiliki vestibule.

Vestibule atau ruang tambahan pada tenda merupakan bagian yang sangat dibutuhkan, baik untuk memasak ataupun menyimpan sebagian barang yang tidak boleh masuk ke bagian dalam tenda, terutama saat kondisi cuaca sedang kurang bersahabat. Dan Lafuma Campo 2 tidak memiliki hal itu.

Hanya ada ruang penyimpanan kecil yang cukup untuk menyimpan sepatu di bagian depan tenda. Hal ini tentu kurang menguntungkan saat kita perlu memasak makanan di saat hujan deras. Memasak di bagian dalam tenda bisa saja dilakukan jika terpaksa, namun dengan resiko yang cukup besar. Solusi lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang flysheet untuk tempat memasak di bagian depan tenda.

2. Ukuran packing cukup besar dan bobotnya lumayan berat

Dengan kapasitas yang hanya bisa menampung 2-3 orang, menurut saya, ukuran packing tenda Lafuma Campo 2 masih terlalu besar, sehingga butuh cukup banyak ruang di dalam keril. Selain itu, bobotnya yang seberat 3,4 kilogram rasanya masih terlalu berat untuk dibawa, terutama bagi kawan-kawan yang suka mendaki dengan teknik ultralight.


Kesimpulan

Overall, meski memiliki beberapa kekurangan, namun dengan banyaknya keunggulan yang dimiliki, Lafuma Campo 2 adalah salah satu pilihan terbaik untuk dibeli, terutama bagi kawan-kawan yang sedang mencari tenda dome berkualitas bagus dengan harga yang cukup terjangkau.

***

Itu saja informasi review tentang tenda dome Lafuma Campo 2 yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan semua. Semoga bermanfaat untuk menambah referensi sebelum kawan-kawan membeli tenda yang tepat untuk digunakan bertualang. Salam lestari!

Baca juga :
Tips Memilih Tenda
Mencegah Kondensasi pada Tenda
Tips merawat Peralatan Mendaki

Comments