14 Jan 2017

9 Aplikasi Smartphone yang Berguna untuk Pendaki Gunung

foto dari Pixabay.com
Teknologi sudah semakin maju, kini hampir setiap orang pasti punya ponsel pintar atau smartphone yang selalu dibawa kemanapun mereka pergi. Beragam aplikasi smartphone seringkali sangat berguna sebagai alat bantu mempermudah pekerjaan ataupun sebagai penolong saat menghadapi kesulitan. Berikut ini The Bluetripper merangkum beberapa aplikasi smartphone yang akan sangat berguna untuk para pendaki gunung.

1. Panduan Mendaki Gunung


Meski terkesan cukup sederhana dengan masih banyak kekurangan, aplikasi ini akan sangat berguna terutama bagi kawan-kawan pendaki yang masih pemula. Banyak informasi bagus tentang persiapan, perlengkapan, danbeberapa hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat melakukan pendakian. Ada juga informasi gunung  beserta peta dan gambaran singkat jalur pendakian yang tentunya sangat bermanfaat untuk bahan referensi.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah belum lengkapnya informasi gunung-gunung yang tersedia, lalu tampilan yang terlalu sederhana, serta tidak banyak fitur-fitur yang akan memudahkan para pengguna. Hal ini sebenarnya sangat wajar, mengingat aplikasi ini dibuat untuk memenuhi Tugas Akhir oleh seorang mahasiswa UIN Bandung bernama Muhamad Supenda Griana. Mari berharap semoga sang pembuat akan segera mengupgrade aplikasi buatannya tersebut agar menjadi lebih baik.

Jika tak suka dengan aplikasi ini, masih ada alternative aplikasi lain bernama “Aplikasi Panduan Pendakian Gunung”. Kedua aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis di playstore.

2. Kompas


Kamu seharusnya membawa kompas yang asli sebagai alat navigasi darat, namun tidak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi kompas dalam smartphone milikmu, siapa tahu bisa berguna di saat-saat tertentu. Untuk aplikasi kompas, banyak sekali pilihan yang tersedia di playstore, silahkan pilih saja mana yang terbaik dan paling nyaman untuk digunakan. Jika tersedia, pilihlah aplikasi kompas yang bisa digunakan dalam mode offline.

3. Altimeter


Aplikasi ini sangat berguna untuk mengetahui berapa ketinggian posisi kita saat sedang mendaki gunung. Selain itu, aplikasi ini biasanya juga dilengkapi akses untuk melihat peta (altimeter di smartphone saya bisa digunakan untuk mengakses peta di Google maps). Aplikasi ini juga sempat membantu saya saat tersesat di belantara Gunung Sawal beberapa bulan lalu.

4. Perkiraan Cuaca


Kondisi cuaca adalah salah satu factor penting yang harus selalu jadi pertimbangan saat merencanakan kegiatan pendakian. Untuk itu, saya sering menggunakan aplikasi Accu Weather untuk mengetahui informasi perkiraan cuaca terbaru. Aplikasi ini memberikan banyak kemudahan untuk mengetahui perkiraan cuaca untuk beberapa jam atau hari kedepan dari suatu kawasan lokasi. Memang kadangkala perkiraan cuaca yang dibuat aplikasi ini tidak 100% akurat, tapi lumayan lah untuk bahan referensi.

Untuk produk lokal, ada aplikasi “Info Gempa dan Cuaca BMKG” yang cukup bagus juga, namun saat dulu saya gunakan, informasi yang tersedia terbatas hanya pada perkiraan cuaca hari ini saja, tidak ada perkiraan untuk beberapa hari kedepan.

5. PMI - First Aid


Aplikasi ini bakal sangat berguna  sekali untuk para pendaki ketika sewaktu-waktu harus berhadapan dengan kondisi sulit, seperti mengalami kecelakaan atau terserang penyakit. Informasi tentang beragam jenis penyakit, atau cedera, beserta langkah-langkah pertolongan pertama yang harus dilakukan, sangat lengkap tersedia dalam aplikasi ini. Banyak juga fitur lain seperti uji kemampuan yang bakal sangat bermanfaat untuk melatih skill serta kesiapan kita dalam menghadapi situasi darurat. Keunggulan lainnya, aplikasi ini punya tampilan yang sangat keren serta sangat mudah dan nyaman untuk digunakan.

6. SAS Survival Guide


Setiap petualang pastinya harus selalu mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi-situasi terburuk yang bisa terjadi. SAS Survival Guide akan sangat berguna sebagai bahan panduan untuk meningkatkan kemampuan kita ketika dipaksa harus bisa bertahan hidup di alam bebas. Informasi yang tersedia cukup lengkap, dab banyak juga fitur-fitur tambahan yang memudahkan penggunaan aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini menggunakan bahasa inggris, karena memang dibuat oleh orang Amerika.

Untuk saat ini, saya belum menemukan aplikasi sejenis yang dibuat oleh orang Indonesia. Mudah-mudahan kedepannya akan ada aplikasi sejenis yang dibuat dalam bahasa Indonesia, karena perannya yang sangat berguna menyangkut kondisi hidup mati di alam liar.

7. LED Torch


Sering lupa membawa senter, headlamp, atau alat penerangan lainnya? Lebih baik kamu segera mengunduh aplikasi ini sebagai alternative cadangan. Saat lupa membawa senter, atau mungkin senter yang dibawa tiba-tiba rusak ditengah jalan, aplikasi ini bisa jadi penolong yang sangat membantu. Ada banyak sekali aplikasi sejenis yang tersedia di playstore, silahkan pilih mana yang paling bagus dan nyaman untuk digunakan.

8. Music Player


Mendengarkan music saat mendaki kadangkala bisa jadi solusi bagus untuk mengusir rasa lelah, jenuh, dan bĂȘte saat sedang melewati medan terjal atau jalur yang monoton. Dewasa ini, dengan berbagai aplikasi yang tersedia, hampir semua smartphone bisa digunakan sebagai pemutar music.

9. Games


Karena sebab-sebab tertentu, misalnya hujan deras atau udara dingin, kadangkala kita terpaksa harus berdiam diri berlama-lama di dalamtenda. Hal ini tentunya bakal sangat membosankan jika hanya berdiam diri berjam-jam tanpa ada hal yang bisa kita kerjakan. Mau ngemil, semua cemilan sudah habis termakan, mau chattingan, sinyal tak ada, mau foto-foto di luar, hujan belum juga reda, lalu apa yang bisa kita lakukan? Aplikasi-aplikasi game smartphone seperti Angry Bird dan game offline lainnya bisa jadi solusi yang sangat membantu untuk mengusir kebosanan.

Mengandalkan alat elektronik (khususnya smartphone) saat melakukan aktivitas di alam bebas tentunya tidak bisa selalu kita lakukan. Masalah utamanya adalah soal keterbatasan daya, maka dari itu, cobalah untuk sebisa mungkin menghemat daya dengan menggunakan smartphone hanya pada kondisi yang benar-benar dibutuhkan, atau jika tersedia, bawalah powerbank sebanyak-banyaknya.

Segitu saja informasi yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat..

Baca juga :
7 gunung terindah di Indonesia
7 larangan saat mendaki gunung
film Indonesia bertema pendakian gunung
7 kemampuan yang harus dimiliki pendaki gunung
daftar perlengkapan mendaki gunung

2 comments

santo said...

Ijin share di fb yah :)
Kalau bisa ditambahkan tautannya.
Thx.

Agung Ristiana said...

silahkan om..