1 Aug 2015

Cara Membuat Gelang Survival dari Paracord

Paracord itu apa sih? Buat yang belum tahu, saya coba kasih sedikit penjelasan. Paracord berasal dari istilah Parachute Cord atau tali parasut, yang pada sejarahnya pernah menjadi barang yang wajib dibawa oleh tentara Amerika pada perang dunia kedua. Mengapa wajib dibawa? Karena tali paracord ini sangat fungsional, ringan, kuat dan elastis. Tali paracord sangat berguna untuk keperluan survival saat para tentara sedang bertugas di lapangan.

Paracord sangat berguna untuk berbagai macam keperluan yang berhubungan dengan tali temali, misalnya seperti pemasangan tenda atau bivak, membuat jebakan, pengganti tali sepatu, dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Karena alasan kegunaan tersebut, dewasa ini banyak sekali para penggiat alam bebas yang menjadikan tali paracord sebagai salah satu barang bawaan wajib, biasanya tali ini dibuat accesories yang nyaman dipakai, seperti gelang, kalung, gantungan kunci, dan lain sebagainya.


Berhubung sekarang ini kegiatan alam bebas (khususnya hiking/naik gunung) sedang sangat populer, tentunya berbagai accesories yang berhubungan dengan kegiatan ini juga sedang jadi favorit untuk dikenakan sehari-hari, tak terkecuali gelang paracord, yang selain kece untuk dipakai, juga punya banyak fungsi penting yang bisa digunakan dalam keadaan darurat.

Nah, buat kamu yang tertarik buat punya gelang yang satu ini, saya akan coba memberikan tutorial sederhana tentang cara pembuatan gelang survival dari tali paracord. Apa saja peralatan dan bahan yang diperlukan? Lalu bagaimana langkah-langkah pembuatan gelang ini? Langsung saja ikuti langkah-langkah tutorial di bawah ini.

  • Siapkan Alat dan Bahan


Pertama kamu perlu menyediakan tali paracord dengan diameter 1/8 inci, buckle clip, gunting, meteran atau penggaris, dan korek api. Untuk panjang tali paracord, tegantung kebutuhan yang kamu inginkan, tapi untuk percobaan, siapkan saja tali paracord sepanjang 3 meter. Perkiraan tali yang dibutuhkan adalah, 30 centimeter untuk setiap 1 inci panjang rajutan, jadi jika pergelangan tangan anda sepanjang 5 inci, maka tali paracord yang dibutuhkan adalah sepanjang 1,5 meter.

  • Ukur Pergelangan Tangan Kamu


Lingkarkan tali pada pergelangan tangan kamu, dan kemudian ukur tali yang telah kamu tandai dengan meteran atau penggaris.

  • Buat Bagian tengah Tali Rajutan



Lihat gambar di atas, masukkan kedua ujung tali paracord pada celah buckle clip, kemudian ikat seperti pada gambar di atas.

  • Tentukan Panjang Gelang



Buka bagian buckle clip, kemudian masukkan ujung tali kedalam celah bagian buckle clip yang telah dibuka, lalu ukur panjang gelang survival yang akan kamu buat sesuai dengan ukuran pergelangan tangan yang tadi telah kamu ukur. Untuk lebih nyaman, tambahkan sekitar 1 inci dari panjang pergelangan tangan kamu.

  • Mulailah Buat Simpul Rajutan






Buatlah simpul pertama dengan langkah-langkah seperti pada gambar di atas, kemudian lanjutkan dengan simpul serupa terus hingga seluruh tali bagian tengah tertutup sampai ke ujung satunya. Kuatkan setiap simpul, agar terlihat rapi dan tidak longgar.

  • Potong Ujung Tali dengan Gunting




Setelah nampak rapi hingga ke ujung gelang, kini saatnya untuk memotong tepat di simpul terakhir yang kamu buat. Gunakan gunting untuk memotong tali, dan kemudian bakar ujung tali dengan korek. Agar lebih aman, dan rapi, gunakan pisau atau alat berbahan besi lainnya untuk memanaskan ujung tali yang telah kamu potong.

  • Selesai! Gelang Survival siap Dipakai



Pasangkan kembali kedua bagian buckle clip yang telah dilepas, dan selesai, gelang survival paracord yang kamu buat kini sudah dapat dipakai.

Untuk menambah fungsi dari gelang paracord ini, kamu bisa menggunakan buckle clip yang dilengkapi peluit sederhana atau pemantik api. Kamu juga bisa bereksperimen dengan membuat variasi pola simpul berbeda dari yang telah kami berikan di atas. Demikian tutorial cara membuat gelang paracord yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat guys, salam!

5 comments

dewa sylva said...

Ilmu yang bermanfaat, trims ya gan... jadi nambah deh ilmunya...
mohon ijin share ya gan...
trims b4

Agung Ristiana said...

sama-sama om, silahkan asal menyertakan sumber,
salam..

Dimas said...

mohon infonya, belinya buckle clip dimana ya bang?

Agung Ristiana said...

coba cek http://paracordstudio.com/ disana sepertinya jual berbagai bahan untuk kerajinan dari tali paracord,
semoga bisa membantu.. salam..

Anonymous said...

itu satu gelangnya berapa meter tali ya gan kira-kira?