Cari Peralatan Gunung Murah di Sini!

12 Aug 2015

10 Tempat Berfoto Paling Disukai Para Pendaki Indonesia

photo from pixabay
Mendaki Gunung dan Berfoto merupakan 2 hal yang tak mungkin dapat dipisahkan. Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, foto yang merupakan bukti nyata dari suatu kejadian adalah hal yang teramat penting demi eksistensi diri dalam pergaulan sosial. Apalagi saat ini, teknologi fotografi sudah semakin canggih, hampir setiap orang punya fasilitas untuk berfoto yang minimal ada dalam telpon genggam miliknya. Dimanapun kapanpun berfoto menjadi kegiatan yang biasa dilakukan manusia modern, apalagi para penggila selfie.

Nah kali ini, kami akan membahas tentang tempat-tempat populer yang sering dijadikan setting berfoto para pendaki dan penikmat alam Indonesia. Dimana saja tempat-tempat keren itu? Berikut daftar 10 tempat berfoto paling populer di kalangan pendaki Indonesia.

1. Ranu Kumbolo Gunung Semeru
Salah satu tempat tercantik yang ada di Indonesia. Ranu Kumbolo sering disebut sebagai surganya Gunung Semeru. Sayang, setelah keindahannya terekspos luas, danau indah ini mulai kotor dengan sampah-sampah yang ditinggalkan pendaki tak bertanggungjawab. Meski begitu, Ranu Kumbolo tetap menjadi tempat favorit para pendaki untuk berfoto ria saat sedang menyambangi Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

photo from @chandraaa11
2. Padang Savana Gunung Merbabu
Bertemu padang rumput luas sejauh mata memandang, siapa yang tak merasa senang. Belakangan ini, seiring dengan popularitas gunung Merbabu yang kian meningkat, foto-foto padang savana yang ada di gunung ini mulai ramai menghiasi media sosial. Banyak sekali para fotografer yang menyambangi gunung ini untuk sekedar hunting foto bagus di padang savana Merbabu.

photo from @rezadiasjetrani
3. Plawangan Sembalun Gunung Rinjani
Selain danau Segara Anak dan puncaknya yang sangat terkenal, Rinjani juga masih punya tempat indah yang sering dirindukan para pendaki yang pernah menyambangi gunung api tertinggi kedua di Indonesia ini. Ya, Plawangan Sembalun yang merupakan pertigaan jalur menuju puncak dan danau Segara Anak merupakan salah satu tempat favorit berfoto para pendaki yang datang ke gunung Rinjani.

photo from @griwo
4. Bukit Teletubbies Gunung Prau
Prau memang terkenal dengan fenomena golden sunrise-nya yang sangat mempesona. View langsung ke gunung-gunung tinggi yang ada di Jawa Tengah turut menambah pesona yang ditawarkan gunung yang ada di dataran tinggi Dieng ini. Namun, belum lengkap rasanya jika ke Prau tanpa berfoto ria di bukit Teletubbies. Hamparan padang rumput yang menghiasi bukit-bukit kecil di sekitar puncak Prau ini memang sangat sedap untuk di pandang. Tempat ini jadi salah satu latar berfoto paling populer di kalangan pendaki masa kini.

5. Hutan Mati Gunung Papandayan
Letusan gunung memang merupakan sebuah bencana alam yang bisa sangat mengancam kehidupan manusia, namun berkah yang dibawa letusan tersebut sungguh sepadan dengan bencana yang ditimbulkan. Salah satu berkah dari hasil bencana alam gunung meletus dapat kamu nikmati di gunung Papandayan. Sisa-sisa pohon yang terbakar panasnya letusan terakhir Gunung Papandayan telah membuat sebuah kawasan indah bernama hutan mati.

Batang-batang pohon kering membentuk sebuah lukisan alam yang indah, memberi nuansa menyeramkan sekaligus menentramkan. Hutan mati merupakan salah satu tempat berfoto paling hits saat ini, lokasinya yang cukup mudah dijangkau turut menambah daya tarik wisata tempat indah ini. 

photo from @dimassoeprapto
6. Puncak Gunung Merapi
Beberapa waktu lalu, dunia pendakian sempat geger sekaligus berkabung, setelah seorang pendaki mengalami kecelakaan dan kemudian meninggal saat tengah berfoto di Puncak Garuda Gunung Merapi. Kejadian ini tentunya disebabkan karena sangat populernya Puncak Merapi sebagai tempat berfoto para pendaki. Merapi yang merupakan gunung api paling aktif di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri, terutama soal tantangan uji nyali yang banyak disenangi para petualang. Namun pastinya keselamatan tetap harus menjadi prioritas utama, jangan sampai kejadian selfie berujung mati kemarin terulang kembali di kemudian hari.

photo from @rezadiasjetrani

7. Puncak Sejati Gunung Raung
Mendaki identik dengan tantangan, semakin sulit medan pendakian yang dilalui, bakal semakin terasa kesan petualangan yang dihadapi. Dan salah satu gunung paling menantang yang punya trek maut adalah Raung dengan puncak sejatinya yang sangat populer. Tak banyak orang bisa mencapai puncak sejati Raung, perlu peralatan memanjat dan nyali yang besar untuk bisa sampai ke sana. Tak heran banyak sekali pendaki Indonesia yang masih menyimpan hasrat untuk bisa berfoto di sana.
photo from @yuliankris
8. Danau Taman Hidup Gunung Argopuro
Sebuah danau di tengah gunung adalah surga yang sangat jarang ditemui. Di Indonesia ini, hanya beberapa gunung saja yang punya danau indah di dalamnya, tak heran Danau Taman Hidup yang ada di Gunung Argopuro begitu disukai para pendaki yang pernah datang kemari. Dengan suhu udara dingin khas gunung, kabut tebal tentunya tak jarang menghiasi permukaan air di Taman Hidup, menambah pesona keindahan yang terpancar dari danau spesial ini.

photo from @cfaruqi
9. Puncak Mahameru Gunung Semeru
Puncak yang sangat legendaris, kata orang-orang tempat berkumpulnya para dewa. Ya, Mahameru yang merupakan tanah tertinggi di pulau Jawa jadi tempat populer yang dari hari ke hari makin banyak dikunjungi pendaki Indonesia. Lokasinya yang cukup sulit dijangkau, statusnya yang merupakan tempat tertinggi, serta legendanya yang sangat terkenal membuat tempat ini begitu populer dijadikan tempat berfoto para pendaki. Letupan-letupan erupsi juga turut menambah nuansa gagah ketika pendaki berfoto di sini. Karena alasan-alasan tersebutlah, larangan mendaki Mahameru dari pihak pengelola TNBTS tak dihiraukan para pendaki yang nekat.

photo from @reykso
10. Puncak Gunung Kerinci
Kerinci yang merupakan atap Pulau Sumatra adalah gunung tertinggi kedua dalam daftar 7 summit Indonesia, tingginya yang mencapai 3.805 mdpl hanya kalah dari puncak Cartenz di Papua. Dan jika kriterianya dipersempit menjadi gunung api, Kerinci adalah yang tertinggi di Indonesia. Dengan fakta itu, tak heran banyak sekali pendaki Indonesia yang punya mimpi untuk dapat berdiri di puncak Gunung Kerinci.

photo from @jovanphan
Itulah sepuluh tempat populer untuk berfoto saat mendaki gunung, kesepuluh tempat tersebut kami pilih karena berbagai alasan dan fakta yang ada di dunia pendakian Indonesia saat ini. Jika kamu tidak setuju, dan punya rekomendasi lain, silahkan untuk meluangkan waktu dengan menuliskan pendapatmu di kolom komentar.

Berfoto memang kegiatan yang seru dan menyenangkan, apalagi jika kita berfoto di tempat-tempat keren yang jarang dikunjungi orang. Namun semua itu harus kamu lakukan dengan tanpa melupakan aspek keselamatan, jangan sampai kejadian selfie berbuah kecelakaan di Gunung Merapi beberapa waktu lalu, terjadi juga padamu. Safety is number one guys! Salam Lestari!

Baca juga :
7 gunung terindah di Indonesia
7 larangan saat mendaki gunung
film Indonesia bertema pendakian gunung
7 kemampuan yang harus dimiliki pendaki gunung
daftar perlengkapan mendaki gunung

4 comments

malik roy said...

Kalo Kawah Ijen Bondowoso Gmna Gan??

The Bluetripper said...

boleh juga tu om malik, nanti saya tambahkan.. terima kasih masukannya..

Devi Larasati said...

so keren artikelnya

Rere STA said...

kalo menurut saya semua lokasi itu indah. Kalo soal foto itu sih tergantung angle dan insting fotografernya. Yang menarik itu kalau foto bisa berbicara suatu keindahan tentang tempat yang sudah dianggap umum dan biasa oleh orang lain.