Gunung Argopuro (3.088 mdpl)

via jimzzz.wordpress.com
Info Gunung Argopuro - Argopuro atau sering juga disebut Argapura merupakan salah satu gunung di Jawa Timur yang sering dijadikan destinasi petualangan para pendaki gunung. Terkenal punya jalur pendakian terpanjang se pulau Jawa, gunung ini telah banyak memikat para pecinta petualangan untuk sekedar singgah dan menggapai puncaknya. Selain punya jalur super panjang, Argopuro juga dikenal punya spot-spot menarik dengan pemandangan yang super indah. Buat kamu para pecinta fotografi alam, ataupun penyuka selfie dengan latar keindahan alam, Argopuro sangat cocok untuk kamu kunjungi.

Lokasi

Gunung Argopuro merupakan bagian yang tergabung kedalam kelompok pegunungan Iyang yang terletak di Jawa Timur. Gunung ini tepatnya berada di perbatasan Kabupaten Probolinggo, Bondowoso dan Situbondo. Argopuro bukan termasuk gunung api aktif, jadi tenang saja, kamu ngga perlu takut gunung ini tiba-tiba meletus sewaktu kamu sedang mendaki, hehe. Letak gunung ini cukup berdekatan dengan dua gunung keren lainnya di Jawa Timur, yakni Semeru dan Raung, jadi kamu yang berdomisili jauh dari Jawa Timur bisa sekalian mengelompokkan ketiga gunung ini dalam sekali jalan. Lumayan kan biar hemat ongkos, tapi udahnya badan kamu pasti bakalan ringsek kalo mendaki 3 gunung ekstrem ini sekaligus, hihi.

Suasana pagi di danau taman hidup via ankaranarenva.wordpress.com

Spot Menarik

Banyak banget yang bisa kamu nikmati di gunung yang punya hutan masih cukup perawan ini, secara doi merupakan bagian dari kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Iyang. Selain hutan yang masih sangat liar tersebut, Argopuro juga punya savana-savana luas nan indah, diantaranya ada alun-alun Cikasur yang udah terkenal keindahannya ke seantero negeri. Ada juga danau Taman Hidup yang bakal bikin kamu mager banget buat nongkrong disana seumur hidup kamu.

Cikasur via buwana.com

Puncak

Melihat bentuk gunungnya yang ngga runcing-runcing amat, udah pasti puncak gunung Argopuro ngga cuma ada satu, tapi tiga. Ya ada puncak Rengganis, Argopoera, dan Arca. Lokasinya ngga terlalu berjauhan, sehingga cukup mudah buat mengunjungi semua puncak dalam sekali jalan. Kalo kamu males mengunjungi ketiganya, bisa pilih puncak tertinggi yakni Argopuro, atau puncak Rengganis yang terkenal mistis.

Puncak Argopuro via nasrullohfath.wordpress.com

Jalur Pendakian

  • Bremi
via jejaksibolang.com
  • Baderan
jalur basecamp baderan - mata air 1 via plantagama.wordpress.com

Estimasi Biaya

Hitung aja sendiri lah. Kan rumah kita beda-beda lokasi, terus lama waktu perjalanan juga pasti bervariasi, perbekalan juga pasti ngga bakal sama. So kamu hitung dan perkirakan saja sendiri ya, kalo mau tenang dan nyaman, bawa sepuluh juta aja.

Tips

Standar aja, persiapkan peralatan lengkap dan cek kondisinya, kira-kira alat-alat naek gunung punyamu masih layak pakai apa tidak. Kalo ngga punya alat minjem aja sama temen atau nyewa di toko rental alat gunung. Ijin dulu sama keluarga, terutama orang tua. Kasih tau informasi selengkapnya sama orang-orang terdekat, biar kalo ada apa-apa bisa ditolongin. Pelajari aturan-aturan dasar mendaki gunung yang baik, bisa tanya-tanya temen atau baca di blog ini karena ada banyak tips-tips bagus buat kamu terapkan (promosi dikit boleh ya, hehe). Terus jaga kelakuan, hormati adat istiadat masyarakat setempat. Lengkapi perizinan, ketahui lokasi-lokasi instansi rumah sakit dan kantor polisi terdekat. Dan yang paling penting jangan sampai merusak dan mengotori alam. Satu lagi jangan lupa berdoa dan inget terus sama Tuhan.

(keterangan : informasi diambil dari berbagai sumber)

Comments

Popular Posts