Cari Peralatan Gunung Murah di Sini!

5 Jun 2016

10 Gunung di Jawa Timur untuk Pendakian

via ferdiendinanda.blogspot.com
Gunung di Jawa Timur untuk Pendakian - Jawa Timur merupakan sebuah surga bagi para pendaki, dimana berbagai gunung tinggi dengan pemandangan indah ada di sini. Yang paling terkenal tentunya gunung bromo sebagai kiblat fotografi alam dan gunung semeru sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Namun karena gunung Bromo terlalu bertema wisata alam yang tak perlu bersusah payah untuk mendaki mencapai keindahannya, kami tak memasukkan gunung ini ke dalam daftar gunung yang harus kamu daki di Jawa Timur.

Beruntunglah mereka yang terlahir dan hidup di tanah Jawa, apalagi berada tepat di bagian timur pulau ini. Beraneka gunung dengan karakteristik dan keindahan tersendiri ada di wilayah ini. Para pendaki daerah ini tak perlu berjauh-jauh untuk mencari gunung tinggi, menantang, sekaligus indah untuk di daki, karena semua kriteria tersebut ada di gunung-gunung yang bertebaran di wilayah Jawa Timur.

Nah bagi kalian yang tidak bertempat tinggal di wilayah ini, dan belum mengenal berbagai gunung yang cocok untuk di daki di wilayah ini, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai beberapa gunung di jawa timur untuk pendakian. Gunung apa saja yang layak untuk destinasi petualangan anda berikutnya? langsung saja cek daftarnya di bawah ini.

1. Gunung Semeru


Siapa tak kenal dengan gunung yang satu ini, keindahannya telah tersebar ke seantero negeri sebagai buah bibir yang menarik banyak pendaki untuk menjamah kecantikan pemandangan gunung ini, kegagahan puncaknya yang melegenda telah memicu adrenalin banyak pendaki untuk merasakan setiap tantangan yang tersaji di gunung ini, ya dia adalah gunung tertinggi Pulau Jawa, Semeru.

Gunung aktif setinggi 3.676 mdpl ini makin meledak popularitasnya semenjak beberapa tahun silam sebuah film bertema pendakian gunung begitu booming di tengah masyarakat Indonesia, tak heran kini Gunung Semeru menjadi salah satu tujuan favorit hampir setiap pendaki Indonesia dan bahkan mancanegara. Semeru pastinya menjadi mimpi bagi para pendaki yang belum pernah menjejakkan kakinya di gunung ini, dan menjadi tempat yang dirindukan oleh mereka yang telah pernah mendarat di puncak tertinggi gunung ini.

(Untuk cerita pendakian gunung ini, silahkan baca "Pendakian Gunung Semeru")

2. Gunung Arjuno


Gunung Arjuno terletak di kota Malang dan letaknya bersebelahan atau boleh disebut menempel dengan gunung Welirang, sehingga gunung ini sering dipanggi Arjuno Welirang. Tingginya yang mencapai angka 3.339 mdpl membuat Arjuno berada di urutan ke-4 dalam daftar gunung tertinggi di Pulau Jawa. Arjuno menjadi salah satu destinasi gunung yang menarik untuk di daki di Jawa Timur, di gunung ini banyak terdapat arca-arca peninggalan sejarah, karena gunung ini memang memiliki peranan yang cukup penting dalam dunia kerajaan-kerajaan jaman dahulu.

3. Gunung Raung


Raung terkenal dengan puncak sejatinya yang sangat sulit untuk ditaklukkan. Perlu keberanian tinggi, peralatan safety lengkap, serta skill panjat tebing untuk dapat mencapai puncak sejati gunung ini. Raung rasanya sangat cocok untuk jadi tujuan mendaki kamu yang tergila-gila pada petualangan penuh tantangan sekaligus memacu adrenalin.

Gunung setinggi 3.344 mdpl ini juga punya kawah lebar yang sangat megah. Raung terletak di Kabupaten Bondowoso, dengan banyak jalur yang bisa dilalui, diantaranya jalur Kalibaru dan Sumber Waringin.

4. Gunung Lawu


Jawa Timur benar-benar dipenuhi gunung-gunung keren dan megah yang sayang untuk kamu lewatkan dari daftar tujuan mendaki kamu. Gunung lain yang punya pemandangan indah dan punya keunikan tersendiri adalah Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lawu yang setinggi 3.265 mdpl terkenal dengan mitos-mitos dunia gaibnya. Disamping itu, banyak spot-spot menarik yang bisa kamu nikmati di sepanjang perjalanan menuju puncak gunung ini.

5. Gunung Argopuro


Kalo mau ke sini, siap-siap saja menghadapi perjalanan super panjang yang sangat melelahkan jiwa dan raga. Ya, Gunung Argopuro terkenal sebagai gunung dengan trek terpanjang se-Jawa. Gunung ini memang tak tinggi-tinggi amat, puncaknya pun tak terlalu spesial, namun punya savana-savana indah dan danau taman hidup yang siap memanjakan mata.

Argopuro punya ketinggian puncak setinggi 3.088 mdpl, lokasinya berada di kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Argopuro juga dikenal sebagai gunung yang sangat angker dengan legenda Dewi Rengganisnya.

6. Gunung Butak


Gunung Butak berdekatan dengan Gunung Kawi yang terkenal sebagai tempat favorit pesugihan. Informasi tentang gunung yang satu ini masih sangat terbatas, karena memang gunung ini masih kalah tenar di bandingkan gunung-gunung tinggi di wilayah Jawa Timur seperti yang telah di bahas di atas. Tapi jangan salah, Gunung Butak yang setinggi 2.868 mdpl ini punya savana yang sangat indah tersembunyi di dalamnya. Selain itu, dari gunung ini kamu juga dapat melihat pemandangan keindahan gunung Arjuno Welirang.

7. Gunung Ijen


Terletak di Banyuwangi Jawa Timur, Gunung Ijen terkenal dengan kawahnya yang indah dan punya fenomena unik menghasilkan api biru atau blue fire yang banyak disukai oleh para fotografer alam bebas. Fenomena blue fire sendiri hanya bisa dijumpai di 2 tempat saja di dunia, yakni di Alaska dan Ijen, tak heran Ijen menjadi salah satu gunung spesial yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Gunung ini punyak kawah luas serupa danau dengan kedalaman mencapai 200 meter.

8. Gunung Liman


Gunung Liman terletak di Pegunungan Wilis yang berada di tenggara dari Kota Madiun, tepatnya berada di antara Ponorogo dan Nganjuk Jawa Timur. Gunung ini memang tak terlalu terkenal di kalangan pendaki Nusantara, namun memiliki tantangan tersendiri karena akses yang cukup sulit dan medan yang masih cukup liar.

9. Gunung Lemongan


Lemongan merupakan bagian dari kelompok Pegunungan Iyang, yang terletak di wilayah 2 kabupaten, yakni Lumajang dan Probolinggo. Gunung Lemongan memang tak terlalu tinggi, puncak tertingginya yakni Tarub hanya setinggi 1.651 mdpl. Namun gunung ini punyak pemandangan indah dengan banyak danau yang bisa kamu kunjungi. Gunung ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan mendaki akhir pekan kamu.

10. Gunung Penanggungan


Satu lagi gunung kecil namun spesial yang ada diantara 2 kabupaten di Jawa Timur, yakni Mojokerto dan Pasuruan. Gunung cantik ini sering disebut sebagai miniatur Gunung Semeru, karena karakteristik puncaknya yang sangat mirip dengan Mahameru. Selain memiliki pemandangan alam yang indah, menurut cerita dan catatan sejarah, gunung ini merupakan salah satu gunung yang memiliki peranan penting pada zaman kerajaan-kerajaan Jawa dahulu kala.

Di gunung ini banyak ditemukan situs-situs sejarah berupa candi-candi dan tempat pertapaan, yang menandakan betapa gunung ini adalah salah satu gunung terpenting pada masa keemasan kerajaan kuno dahulu kala. Bagi kamu pendaki yang juga suka dengan bangunan-bangunan kuno bersejarah, Penanggungan sangat wajib untuk kamu masukan ke dalam destinasi perjalananmu berikutnya.

***

Itulah tadi sedikit informasi mengenai daftar gunung di Jawa Timur yang cocok untuk tujuan mendakimu. Mohon maaf bila ada kesalahan kata dan informasi, silahkan menuliskan kritik dan tambahan di kolom komentar. Selalu ingat aturan penting pendakian, selalu persiapkan diri dengan baik, dan selalu utamakan keselamatan diri dalam melakukan pendakian. Semoga bermanfaat, Salam Lestari!

1 comments

Adrian Yohanes Purnomo said...

Gunung Kelud kok tidak dibahas? Apa terlalu mudah untuk dijangkau para pendaki gunung atau kondisi kawah gunung nya yang sudah hancur berantakan waktu letusan terakhir?