8 Gunung di Jawa Tengah untuk Pendakian


Gunung di Jawa Tengah untuk Pendakian - Jawa tengah merupakan salah satu provinsi yang letaknya berada di jantung pulau jawa. Tak heran jika provinsi ini memiliki banyak gunung berapi yang punya ketinggian menjulang serta pemandangan alam yang teramat cantik. Tak seperti gunung-gunung di wilayah jawa barat yang kebanyakan memiliki vegetasi hutan yang masih cukup rimbun, gunung di jawa tengah memiliki vegetasi hutan yang terkesan lebih tandus, sehingga kebanyakan memiliki view pemandangan yang indah karena banyak terdapat lahan terbuka, baik itu berupa padang rumput atau savana seperti yang terdapat di gunung merbabu, maupun daerah tandus berbatu seperti di gunung merapi.

Setelah sebelumnya, kami memberikan informasi mengenai gunung di jawa barat yang cocok jadi tujuan mendaki kamu, kali ini kami akan menambahkannya dengan daftar gunung di jawa tengah yang harus kamu daki. Informasi yang kami berikan hanya akan sedikit membahas mengenai profil dari beberapa gunung yang ada dalam daftar ini, untuk informasi lebih lanjut, seperti profil lengkap, jalur pendakian, serta informasi lainnya, silahkan kamu cari sendiri di google. 
Menurut wikipedia, Gunung Sindoro atau juga dikenal dengan nama Sindara, terletak di Jawa Tengah, dengan Temanggung dan Wonosobo sebagai kota paling dekat. Puncak tertingginya terletak pada altitude 3.150 mdpl. Sindoro adalah gunung bertipe volcano aktif yang letaknya berdampingan dengan gunung Sumbing, banyak orang menyebut kedua gunung ini sebagai gunung kembar.

Kalau kamu pernah ke Gunung Prau, kamu pasti tau betapa gagahnya gunung Sindoro terlihat jelas dari puncak Prau. Beberapa waktu lalu, gunung ini sempat pula jadi trending topic pemberitaan, akibat kejadian tewasnya seorang pendaki saat sedang mendaki gunung ini.

2. Gunung Sumbing

Sumbing yang merupakan saudara kembarnya Sindoro, memiliki ketinggian puncak yang lebih menjulang dari Sindoro, yakni 3.371 mdpl. Banyak orang yang memasukkan kedua gunung ini kedalam satu paket acara pendakian, karena letaknya yang memang sangat berdekatan.

Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi nomor 3 seantero pulau jawa, ketinggiannya hanya kalah dari Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Pemandangan dari gunung ini pastinya sangat indah, dengan pemandangan keindahan Gunung Sindoro sebagai jaminan.

3. Gunung Slamet

Slamet terkenal sebagai gunung tertinggi kedua di pulau Jawa setelah gunung Semeru, tak heran gunung ini menjadi salah satu tujuan favorit para pendaki yang terobsesi menaklukkan puncak-puncak tertinggi di seluruh Indonesia.

Gunung Slamet yang letaknya berdekatan dengan kota Purwokerto ini, dikenal memiliki medan yang cukup terjal, beberapa jalur pendakian yang bisa di lalui antara lain jalur Baturaden, jalur Kaliwadas, dan jalur pendakian Slamet via Bambangan sebagai jalur paling populer untuk didaki. Gunung dengan ketinggian puncak 3.428 mdpl ini merupakan gunung tertinggi di provinsi Jawa Tengah, maka dari itu, rasanya gunung ini sangat wajib untuk kamu masukkan ke dalam daftar tujuan pendakianmu berikutnya.

4. Gunung Merbabu

Gunung ini sedang jadi buah bibir di dunia pendakian saat ini, keindahan pemandangan alam gunung Merbabu yang banyak diekspos ke dunia maya, telah membuat kepopuleran gunung ini meningkat pesat. Daerah savana gunung merbabu menjadi spot favorit para pemburu foto. Merbabu sendiri memiliki ketinggian 3.145 mdpl, dengan banyak jalur pendakian yang bisa dilewati. Jalur-jalur yang populer digunakan antara lain jalur Thekelan, jalur Selo, jalur Chuntel, dan jalur Wekas.

5. Gunung Merapi

Merapi terkenal sebagai gunung paling aktif di Jawa Tengah. Beberapa tahun belakangan, gunung ini sering menjadi headline berita-berita nasional, karena aktivitas vulkaniknya yang sering bergejolak dengan letusan-letusan yang tak jarang terjadi. Terlepas dari aktivitas vulkaniknya tersebut, gunung ini sangat layak untuk kamu jadikan tujuan mendakimu berikutnya.

Dengan kawah yang semakin hari semakin membesar, membuat gunung ini semakin menarik dan mempesona. Namun, kamu perlu sangat berhati-hati saat sedang berada di puncak gunung ini, jangan sampai mati konyol hanya karena ingin mengambil foto bagus untuk dipamerkan di media sosial, utamakanlah keselamatan. Gunung dengan tinggi 2.930 mdpl bisa didaki lewat jalur Selo, ya Selo yang sama dengan jalur Gunung Merbabu, karena memang 2 gunung ini bersebelahan macam gunung Sindoro dan Sumbing.

6. Gunung Andong

Yang ini bener-bener sedang sangat hits di media sosial, gara-gara foto-foto indah yang mulai banyak bertebaran, Andong tiba-tiba muncul di antara gunung-gunung tinggi yang ada di wilayah Jawa Tengah sebagai gunung favorit bagi banyak pendaki kekinian. Gunung setinggi 1.736 mdpl ini punya view yang sangat indah, dengan pemandangan punuk untanya yang sangat terkenal.

Meski trek pendakiannya lumayan menguras tenaga, gunung ini sangat recomended banget buat kamu yang baru mulai-mulai suka sama mendaki gunung. Kalau penasaran dengan keindahan gunung ini, coba kamu cari saja di instagram pake hashtag gunung ini, dijamin kamu bakal pengen segera merapat ke gunung cantik yang satu ini.

7. Gunung Ungaran

Buat kamu yang berdomisili di kota Semarang dan sekitarnya, pastinya sudah tak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Ungaran yang setinggi 2.050 mdpl menjadi salah satu tujuan favorit pendaki-pendaki Jawa Tengah. Ada beberapa jalur yang bisa dilewati untuk mendaki gunung ini, antara lain via Gedung Songo dengan candinya yang keren, via Jimbaran/Sidomukti, dan via Medini/Promasan. Ada 3 puncak yang bisa dituju yakni Gendol, Botak, dan yang tertinggi Ungaran.

8. Gunung Prau


Nah yang ini paling spesial diantara yang lainnya, Prau yang terletak di dataran tinggi Dieng punya view yang sangat-sangat mempesona dengan sunrise dan sunset yang super indah. Dari puncak gunung ini, kamu bisa mendapat pemandangan indah hampir semua gunung-gunung tinggi yang ada di Jawa Tengah. Gunung setinggi 2.565 mdpl ini bisa dilalui dengan beberapa jalur, yang paling terkenal dan sering digunakan adalah jalur via Patak Banteng.

(Untuk cerita pendakian gunung ini, baca "Pendakian Gunung Prau")

***

Itulah sedikit informasi tentang beberapa gunung di jawa tengah yang cocok untuk tujuan mendakimu. Jika dirasa masih kurang, silahkan anda tambahkan dengan menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat, salam lestari!

Comments

Unknown said…
no 4 sampai 8 pernah. gunung ke 1,2& 3 belum pernah, next time moga2 kesampaian
Sobri Yaacob said…
wah..good info bro, will be my next listing hiking at Indonesia,
sangat menarik2 gunung2 di indonesia terutama di jawa barat, thanks for share- salam dari malaysia :)