13 Gunung di Jawa Barat untuk Pendakian


Gunung di Jawa Barat untuk Pendakian - Jawa Barat merupakan sebuah provinsi dengan lanskap pegunungan memanjang nan indah di bagian tengahnya. Rangkaian pegunungan tersebut menghasilkan keindahan alam dan kesuburan tanah yang menjadi berkah tersendiri bagi warga Jawa Barat. Keindahan alam tersebut membuat wilayah Jawa Barat menjadi primadona wisata bagi banyak turis baik lokal maupun mancanegara.

Nah, kali ini, untuk mendukung animo masyarakat yang sedang semangat-semangatnya mendaki gunung, Blue Tripper akan memberikan sedikit informasi mengenai gunung-gunung di Jawa Barat yang layak untuk kamu jadikan destinasi pendakian dan petualanganmu. Gunung-gunung ini memiliki ketinggian dan tingkat kesulitan medan yang bervariasi, namun sangat layak kamu jajal untuk alternatif kegiatan seru pengisi waktu liburan.

1. Gunung Ciremai


Nomor satu jelas gunung tertinggi di Jawa Barat, yakni Ciremai. Menjulang setinggi 3.078 mdpl, gunung ini paling wajib untuk kamu daki dan rasakan petualangannya. Puncaknya berupa kawah aktif yang sangat lebar, dengan kedalaman yang cukup membuat hati gentar.

Belakangan ini, dunia pendakian dihebohkan dengan kecelakaan seorang pendaki saat berfoto di puncak Merapi, so, jika kamu mau mengambil gambar atau berselfie di bibir kawah Ciremai, berhati-hatilah, utamakan keselamatan dirimu, nyawa kamu terlalu berharga untuk ditukar dengan sebuah foto selfie. Ciremai memiliki 3 jalur yang bisa kamu lalui, yakni jalur palutungan, apuy, dan linggarjati.

2 & 3. Gunung Gede dan Pangrango

via inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Gunung kembar yang lokasinya paling dekat dari ibukota Jakarta. Gede dengan ketinggian 2.958mdpl dan Pangrango setinggi 3.019 mdpl menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki, terutama yang berdomisili wilayah jabodetabek.

Gede punya alun-alun suryakencana yang sangat indah buat dijadikan tempat berfoto kamu guys, dan Pangrango punya lembah mandalawangi yang sangat legendaris karena merupakan tempat main favoritnya Soe Hok Gie. Buat kamu yang tertarik mendaki gunung-gunung ini, perlu diingat kalo pihak Taman Nasional Gede Pangrango menerapkan sistem kuota pendakian setiap harinya, jadi kamu perlu booking jauh hari sebelum waktu pendakian.

4. Gunung Rakutak


Nama gunung Rakutak belum terlalu terkenal, hingga beberapa waktu lalu banyak yang mengunggah foto-foto keren dari gunung yang nggak terlalu tinggi ini, dan sukses membuat Rakutak menjadi salah satu destinasi favorit pendaki sekitar Jawa Barat. Gunung setinggi 1.957 mdpl ini punya panorama keindahan alam yang super keren, terutama di jembatan sirotol mustaqimnya yang terkenal. Dari gunung ini, kamu dapat melihat pemandangan gunung-gunung indah di sekitar kota Bandung.

5. Gunung Guntur


Gunung ini terkenal dengan padang savananya yang tandus yang menyerupai bukit teletubbies. Guntur yang terletak di Kabupaten Garut memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan gunung-gunung lainnya di Jawa Barat.

Jika gunung-gunung lain memiliki vegetasi hutan yang masih cukup lebat, Guntuk malah didominasi oleh padang ilalang yang cukup kering dan tandus, serupa dengan gunung-gunung yang ada di wilayah jawa tengah. Tingginya memang tak terlalu menjulang, yakni 2.249 mdpl, tapi trek jalur pendakiannya sangat menantang untuk kamu coba. Selengkapnya lihat di pendakian gunung guntur.

6. Gunung Puntang


Satu lagi gunung keren yang ada di Bandung, yakni gunung Puntang dengan puncaknya berada di ketinggian 2.223 mdpl. Pemandangan jalur gunung ini sangat keren buat kamu nikmati, karena jalurnya yang menyusuri punggungan gunung. Puntang tergabung dalam rangkaian pegunungan Malabar, letaknya berada di daerah Pangalengan Bandung.

7. Gunung Papandayan


Papandayan menjadi salah satu destinasi mendaki gunung yang sangat ramah untuk pendaki, sekaligus punya beranekaragam panorama indah yang layak untuk kamu abadikan. Kawasan sekitar kawah yang sangat indah, hutan mati yang begitu mempesona, serta tegal alun tempat favorit untuk menyapa bunga abadi, menjadikan gunung Papandayan sebagai destinasi wajib untuk kamu kunjungi. Lokasi gunung papandayan cukup mudah untuk diakses, dengan kualitas jalan aspal yang sangat baik. Selengkapnya baca cerita hiking di papandayan.

8 & 9. Gunung Lembu dan Bongkok 



Purwakarta terkenal dengan waduk Jatiluhur yang perannya sangat vital dalam menyokong kehidupan masyarakat Jawa Barat. Tapi selain itu, kota ini ternyata juga punya keindahan alam di gunung-gunung indah sekitar kota Purwakarta.

Gunung-gunung tersebut antara lain, gunung lembu dan bongkok, serta gunung parang yang jadi surganya para pemanjat tebing. Gunung-gunung indah ini memiliki kesamaan puncak yang didominasi batuan. Dari atas puncak-puncak gunung tersebut, kamu bakal dapat menikmati pemandangan indah kota Purwakarta dan sekitarnya.

10. Gunung Cikuray


Garut memang kota yang sangat keren dengan banyak destinasi wisata alam berupa gunung dan pantai yang sangat indah. Salah satu gunung favorit pendaki dan merupakan yang tertinggi di kota Garut adalah gunung Cikuray. Menjulang setinggi 2.821 mdpl, dari puncak Cikuray, kamu dapat mlihat keindahan pemandangan hampir seluruh kota Garut hingga ke pantai selatan. Selain itu, Cikuray terkenal dengan keindahan sunrise dan lautan awannya. Baca jalur pendakian cikuray.

11. Gunung Batu

Ini nih gunung yang sedang trend banget di kota Bekasi. Gunung batu memiliki pemandangan alam yang super duper keren. Gunung ini emang ngga terlalu tinggi, tapi karena panorama alamnya yang cantik untuk diabadikan dalam foto yang nantinya bakal diunggah ke instagram, jadilah gunung ini kebanjiran pengunjung dari segala penjuru arah mata angin.

12. Gunung Tampomas

Gunung Tampomas via lifaen.blogspot.co.id
Jika berbicara tentang kota Sumedang, pikiran banyak orang pasti langsung tertuju pada tahu sumedang yang sangat terkenal di seantero jagat raya, tapi sayangnya blog ini tidak membahas soal kuliner khas, karena yang akan dibahas adalah gunung cantik bernama Tampomas yang ada di kota ini.

Ketinggian gunung Tampomas memang tak seberapa bila dibanding gunung-gunung gagah seperti Gede-Pangrango dan Ciremai, namun dengan segala keindahan alamnya, Tampomas rasanya patut dicoba sebagai destinasi alternatif pendakian di Jawa Barat. Puncak Tampomas bernama Sanghyang Taraje dengan ketinggian 1.684 mdpl. Gunung ini merupakan gunung api aktif, jadi ada kawah dan sumber air panas yang bisa kamu kunjungi saat berpetualang di Gunung Tampomas.

13. Gunung Salak

Gunung Salak via astacala.org
Yang terakhir ada Gunung Salak, gunung dengan vegetasi hutan lebat yang terkenal dengan banyak mitos dan cerita misteri. Banyaknya kejadian mistis membuat gunung yang termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak ini dijuluki sebagai salah satu gunung terangker yang ada di Pulau Jawa. Gunung salak punya 2 puncak dengan ketinggian yang tak jauh berbeda, yang sering dituju para pendaki adalah Puncak Salak I dengan ketinggian 2.210 mdpl.

***

Sekian informasi yang dapat saya berikan untuk kawan-kawan semua. Selalu utamakan keselamatan dalam setiap pendakian yang dilakukan, lakukan persiapan yang matang sebelum berangkat, jangan lupa untuk berdoa, dan jaga selalu kelestarian gunung dengan tidak merusak dan mengotorinya dengan sampah dan vandalisme. Semoga bermanfaat, salam lestari!

Baca Juga :
Gunung di Jawa Timur yang Cocok untuk Tujuan Mendakimu
Gunung di Jawa Tengah yang Cocok untuk Tujuan Mendakimu

Comments

Zainal Mutakin said…
Baru gunung bongkok, sama papandayan gan... hik hik
The Bluetripper said…
saya juga belum semuanya, hehe, ayo lanjut explore jawa barat..
rafli hermawan said…
gunung salaknya mana gan?
The Bluetripper said…
aiiih, bener banget, gunung salak ketinggalan, nanti ditambahkan masbro, makasih masukannya..
Tampomas juga gak ada??
The Bluetripper said…
hihi, maaf, nanti dimasukkan..
Aditia Faizal said…
Bagi kontak nya dong gan blue tripper. Pengen join nihh hehehe. Ini no hp saya kali aja boleh join soalnya saya solo tripper 082121289034
The Bluetripper said…
boleh om, tapi belum ada rencana pendakian dalam waktu dekat, soalnya gunung2 lg banyak yang kebakaran, takut, hihi
kresna said…
Pernah dengar dengan keanehan di kampung setan yang ada di gunung salak, sungguh mengerikan
Roziqi Ahmad said…
Temukan berbagai macam informasi tempat wisata yang ada di Indonesia dan juga artikel-artikel tentang pariwisata di wisataindonesiaraya.com dan like page facebook disini http://on.fb.me/1MbJBOz
willy pak said…
Tgl 14 da yg mo gabung cikurai
Agung Ristiana said…
coba share di grup pendaki yang ada di facebook om, biasanya disana rame, siapa tau ada yang mau join,
arie sadega said…
Baru Cikuray euy . Next semoga jadi ke Papandayan !
m yusuf saputra said…
baru ciremai euy,,
yg dket aja sama rumah hehe.
maklum kerjaan ga bisa ditinggl lama