7 Gunung Tertinggi di Sumatera


7 Gunung Tertinggi di Sumatera - Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dan dunia. Sumatera memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, tanahnya subur, batuan mineralnya kaya, dan keanekaragaman hewannya sangat banyak. Selain itu, sumatera juga salah satu rumah bagi gunung-gunung api paling aktif di dunia, seperti gunung sinabung, singgalang, dan kerinci.


7 Gunung Tertinggi di Sumatera - Kali ini, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai 7 gunung tertinggi di sumatera. Beberapa gunung ini memiliki jalur pendakian yang aman dan nyaman untuk dilalui oleh para pecinta pendakian dan keindahan alam, namun beberapa gunung lainnya sepertinya sulit atau bahkan belum bisa didaki, karena berbagai alasan. Penulis merangkum informasi seputar 7 gunung tertinggi di sumatera ini dari beberapa sumber yang dapat penulis temukan.


Dengan puncak tertinggi berada pada titik 3.805 mdpl, kerinci memuncaki atap pulau sumatera. Selain itu,  gunung ini juga merupakan gunung api tertinggi di Indonesia. Terletak di provinsi Jambi, kerinci merupakan puncak tertinggi dari jajaran bukit barisan yang membentang membelah pulau sumatera. Kerinci termasuk kedalam wilayah Taman Nasional Kerinci-Seblat, dimana tempat ini merupakan habitat hidup harimau dan badak sumatera yang hampir punah. Pendakian gunung kerinci dapat dilakukan melalui jalur pos Kersik Tuo. Keindahan alam dan pemandangan di puncak kerinci yang sangat mempesona menjadikan gunung ini tujuan favorit pendakian wilayah sumatera.


Gunung leuser terletak di tenggara provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, tepatnya dekat perbatasan dengan Sumatera Utara. Gunung leuser merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Jalur pendakian menuju puncak leuser dapat dilewati melalui jalur normal, dari desa Kedah Penosan, Kuta Panjang Aceh Tenggara. Gunung leuser memiliki tiga puncak tertinggi, yakni puncak leuser (3.119 mdpl), puncak loser (3.405 mdpl), dan puncak tanpa nama (3.445 mdpl).


Gunung dempo terletak di perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu, tepatnya di kota Pagaralam. Jalur pendakian gunung ini cukup ramah untuk dilalui, karena memiliki sumber air bersih hingga tengah perjalanan menuju puncaknya. Di puncak gunung dempo terdapat kawah indah dengan kedalaman yang cukup lumayan.


Berikutnya ada gunung bandahara dengan ketinggian 3.030 mdpl. Gunung ini terletak di ujung provinsi NAD, tepatnya di kabupaten Gayo Lues. Kami tidak menemukan informasi mengenai jalur pendakian gunung ini, informasi tentang gunung ini masih sangat terbatas.


Gunung talamau terkenal dengan keindahan telaga-telaga yang tersebar di bawah puncak gunung ini. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera Barat, letaknya di kabupaten Pasaman Barat. Jalur pendakian gunung ini bisa dilewati melalui desa Pinaga.


Gunung Marapi terletak di provinsi Sumatera Barat, tepatnya terletak di kabupaten Agam. Gunung ini merupakan salah satu gunung paling aktif di pulau sumatera. Puncak marapi sendiri memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dengan hamparan padang edelweiss yang memikat. Jalur pendakian paling sering digunakan adalah melalui Koto Baru.


Gunung geureudong merupakan salah satu gunung tinggi yang terletak di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, tepatnya di kabupaten Bener Meriah. Gunung ini masih sangat jarang didaki oleh para petualang, sehingga informasi jalur pendakiannya masih sangat terbatas. Pendakian menuju puncak gunung ini dapat dilalui dari desa Bukit Mulie. Gunung ini merupakan habitat hidup gajah sumatera.

Itulah sedikit informasi mengenai 7 gunung tertinggi di sumatera. Informasi-informasi ini diambil dari berbagai sumber yang kami baca. Informasi mengenai gunung-gunung di pulau sumatera rasanya masih sangat terbatas, mungkin karena alam pegunungan sumatera yang masih liar dan merupakan tempat habitat hidup satwa-satwa langka, sehingga belum banyak para pendaki yang berpetualang menjelajahi alam indah pulau sumatera dan membagikan informasi yang ada. Semoga bermanfaat, salam lestari!

Comments

Muhammad Sativa said…
Bg izin share bg oke,,,, makasi banyak

Popular Posts