7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa


7 Gunung Tertinggi di Jawa - Indonesia merupakan salah satu negara kepualauan dengan jumlah gunung api paling banyak di dunia, dan salah satu pulau penyumbang gunung api terbanyak di Indonesia adalah pulau Jawa. Selain gunung api aktif, di pulau Jawa, banyak pula terdapat gunung-gunung mati lainnya yang memiliki ketinggian dan keindahan alam yang dahsyat, tak heran pulau jawa menjadi surga yang sangat dicintai para pendaki dan pecinta keindahan alam.

Dari sekian banyak gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai 7 gunung tertinggi yang ada di Jawa. Gunung-gunung tertinggi ini memiliki keunikan dan keindahan alam yang sangat mempesona. Dan untuk para pendaki, semua gunung ini memiliki jalur pendakian yang aman untuk dilewati, sehingga anda dapat menjadikan gunung-gunung ini sebagai destinasi petualangan anda berikutnya.

1. Gunung Semeru


Sekarang ini, siapa yang tak kenal dengan gunung semeru dengan puncak mahameru-nya yang sangat legendaris. Gara-gara sebuah film bertema pendakian, gunung dengan tinggi 3.676 mdpl ini tiba-tiba menjelma menjadi salah satu tujuan wisata favorit orang Indonesia. Selain alasan film itu, gunung semeru memang memiliki keindahan alam yang mempesona, ada ranu kumbolo, danau cantik di ketinggian 2.400 mdpl, ada oro-oro ombo, dan masih banyak lagi keindahan semeru lainnya yang sangat sayang untuk anda lewatkan.

Tiap musim pendakian, gunung semeru dipenuhi para pendaki yang berbondong-bondong ingin menggapai puncak mahameru. Jika anda ingin menggapai puncak tertinggi semeru, anda perlu tahu bahwa jalur pendakian yang aman dan disarankan oleh pihak pengelola adalah sampai pos kalimati saja, sehingga jika anda memaksakan diri mendaki menuju puncak, pihak pengelola tidak akan bertanggungjawab terhadap keselamatan anda. Persiapkan diri dan peralatan dengan baik, demi keselamatan diri dan kawan seperjalanan anda.

(Untuk cerita pendakian gunung ini, baca "Pendakian Gunung Semeru")

2. Gunung Slamet


Gunung Slamet yang berada di Jawa Tengah merupakan salah satu gunung api paling aktif di pulau jawa. Belakangan, gunung ini sempat ditutup untuk pendakian karena aktivitas erupsi yang sedang berlangsung. Gunung api setinggi 3.428 mdpl ini merupakan salah satu tujuan pendakian favorit para pendaki Indonesia.

Jalur pendakian paling populer adalah pendakian slamet via Blambangan, medan pendakian gunung slamet dikenal cukup sulit dan menantang, selain tidak ada sumber air di sepanjang jalur, kabut pekat juga sering menjadi penghambat pendakian, untuk itu persiapkanlah diri dan peralatan anda dengan baik jika anda akan mendaki gunung ini.

3. Gunung Sumbing


Bersama dengan gunung sindoro, gunung sumbing dikenal sebagai gunung kembar, karena lokasinya yang cukup berdekatan. Gunung setinggi 3.371 mdpl ini terletak di Jawa Tengah, luasnya mencakup 3 kabupaten, yakni Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Jalur pendakian favorit gunung sumbing adalah lewat desa Garung.

Di puncaknya terdapat kawah yang masih aktif. Menurut para pendaki, trek gunung sumbing lebih berat jika dibandingkan dengan trek gunung sindoro, namun keduanya memiliki keindahan pemandangan yang sama-sama mempesona.

4. Gunung Raung

*Notice : Mohon maaf kesalahan angka pada gambar, tinggi gn Raung seharusnya 3.344 mdpl
Satu lagi gunung tinggi yang ada di wilayah provinsi Jawa Timur, yakni gunung raung. Gunung setinggi 3.344 mdpl ini memiliki kaldera yang sangat luas dan dalam di puncaknya. Gunung raung merupakan bagian dari pegunungan Ijen. Jalur pendakian gunung raung bisa melalui Kalibaru dan Sumber Waringin.

Untuk mencapai puncak sejati gunung raung, diperlukan peralatan panjat tebing, karena letaknya yang sulit dijangkau tanpa peralatan. Mencapai puncak sejati raung yang memerlukan peralatan tambahan tersebut, merupakan salah satu tantangan yang sangat populer di kalangan para pendaki gunung.

5. Gunung Arjuno


Arjuno terletak di Malang Jawa Timur, puncaknya berada di ketinggian 3.339 mdpl, posisinya sangat berdekatan dengan gunung welirang. Di gunung ini banyak terdapat arca-arca peninggalan sejarah, karena gunung ini memang lekat dengan sejarah pemujaan sejak zaman dahulu kala. Untuk mendaki gunung arjuno, ada beberapa jalur yang dapat dilewati, antara lain jalur tretes, lawang, purwosari dan batu. Gunung arjuno memiliki keindahan alam yang tak kalah indah dengan gunung-gunung lainnya di Jawa Timur.

6. Gunung Lawu


Lawu yang setinggi 3.265 mdpl ini dikenal sebagai salah satu gunung paling mistis di Indonesia. Setiap malam satu sura, gunung lawu banyak dikunjungi para peziarah. Terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Lawu memiliki 3 puncak, yang paling tinggi adalah puncak hargo dumilah, yang lainnya hargo dalem dan hargo dumiling. Jalur pendakian yang dapat dilewati adalah via cemorokandang di Tawangmangu Jawa Tengah, dan cemorosewu di Sarangan Jawa Timur.

7. Gunung Welirang


Welirang adalah gunung setinggi 3.156 mdpl yang sangat berdekatan dengan gunung arjuno. Letaknya di perbatasan Malang dan Mojokerto Jawa Timur. Welirang sendiri berarti belerang, karena di gunung ini terdapat sumber belerang yang banyak ditambang oleh masyarakat setempat.

Bagi anda yang ingin mengunjungi puncak welirang, disarankan untuk naik sebelum pukul 7 pagi, dan juga jangan berlama-lama berada di puncak, karena asap dan bau belerang yang sangat kuat bisa membahayakan keselamatan anda. 

***

Itulah informasi seputar 7 gunung tertinggi di jawa. Baca juga informasi tentang gunung tertinggi lainnya seperti 5 gunung tertinggi di Jawa Barat7 gunung tertinggi di Indonesia7 gunung tertinggi dunia, dan 7 gunung tertinggi Asia Tenggara. Semoga bermanfaat, salam lestari..

Comments

Bangga rumah saya dekat dengan gunung slamet gan :D
The Bluetripper said…
wih pasti sering naek ke sana ya,

Popular Posts