5 Tips Memilih Tenda untuk Berkemah di Alam Bebas


Memilih Tenda Gunung untuk Berkemah (Camping) - Tenda merupakan salah satu peralatan paling penting dalam setiap kegiatan pendakian gunung. Tenda berfungsi sebagai rumah tempat kita berlindung saat berada di alam bebas, terutama dari ganasnya cuaca yang memang sering berubah-ubah. Tenda akan memberikan kita perlindungan dari hujan dan udara dingin.

Memiliki tenda dalam daftar perlengkapan mendaki merupakan sebuah kewajiban jika kita akan melakukan pendakian yang membutuhkan waktu lebih dari sehari perjalanan. Maka dari itu, sebagai seorang pendaki, anda sangat disarankan untuk membeli (atau meminjam pada teman atau menyewa di rental) sebuah tenda dengan karakteristik dan kualitas yang mumpuni untuk melindungi anda saat camping di hutan dan gunung. Berikut ini saya akan coba membagikan beberapa tips dengan berbagai acuan yang harus anda perhatikan saat hendak memilih dan membeli tenda untuk mendukung kegiatan petualangan anda.

1. Sesuaikan kapasitas dengan kebutuhan.

Kapasitas tenda sangat menentukan kenyamanan
Inilah hal pertama yang harus anda perhatikan. Biasanya, berapa orang jumlah anggota grup pendakian anda? Pilihlah ukuran tenda yang cukup untuk menampung semua anggota. Perhatikan juga ukuran badan mayoritas anggota grup, jangan terpaku pada keterangan kapasitas yang tertera pada tenda, karena bisa saja tenda dengan kapasitas 4 orang, tidak muat menampung 4 orang anggota grup dengan badan yang besar-besar.

Selain harus mampu menampung seluruh anggota grup, tenda juga harus bisa menampung seluruh barang yang dibawa, maka dari itu, lebih baik memilih tenda dengan ruang yang lebih besar, agar kenyamanan anda saat beristirahat akan lebih terjamin.

2. Sesuaikan jenis tenda dengan kondisi cuaca di waktu anda paling sering berkemah.


Perhatikan dan perkirakan cuaca yang akan anda hadapi selama pendakian. Pilihlah tenda yang kompatibel dengan cuaca yang akan dihadapi. Jika di negara dengan 4 musim banyak tersedia beragam jenis tenda yang kompatibel dengan cuaca per musimnya, di Indonesia sendiri kita hanya mengenal musim hujan dan kemarau, sehingga akan lebih mudah dalam memilih jenis tenda yang sesuai. Pilihlah tenda yang kompatibel dengan cuaca musim hujan, karena sebagai pendaki kita harus selalu memperhitungkan setiap kemungkinan terburuk, selain itu agar tenda kita dapat kita gunakan di sepanjang tahun.

3. Jika dana terbatas, cari tenda berharga murah namun cukup awet dan tetap berkualitas.

Kualitas dan harga adalah 2 hal yang berbanding lurus, jika anda ingin sesuatu dengan kualitas terbaik tentunya wajar jika anda harus merogoh kocek lebih dalam. Namun pemilihan tenda sebenarnya bergantung pada dua hal, yakni intensitas pemakaian dan tingkat kenyamanan. Jika anda akan sering bertualang dan menggunakan tenda yang anda miliki, serta menginginkan kenyamanan yang maksimal, anda harus memilih tenda dengan kualitas terbaik yang memiliki harga cukup tinggi. Sedangkan jika anda akan jarang bepergian dan hanya memakai tenda sesekali, pemilihan tenda dengan harga yang lebih murah dapat anda lakukan.

4. Pastikan lapisan luar tenda terbuat dari bahan anti air yang kualitasnya teruji.

Kapanpun waktu perjalanan yang anda pilih, entah itu sedang musim hujan atau musim kemarau, anda harus selalu bersiap menghadapi hujan, karena hujan biasanya selalu menjadi kejutan yang kurang menyenangkan di setiap medan pegunungan.

Pastikan layer (lapisan) paling luar dari tenda terbuat dari bahan yang water resistance, agar air tidak mengenai bagian dalam tenda. Pastikan juga alas yang menjadi lantai tenda tidak memiliki kebocoran. Pilihlah tenda yang memiliki dua lapisan, serta memiliki lapisan anti hujan dan sistem ventilasi yang baik.

5. Tenda yang ringan, simpel, dan mudah dibongkar-pasang akan sangat membantu terutama di situasi buruk.

Efisiensi dan kepraktisan sebuah alat akan menjadi nilai plus yang sangat berharga dalam memberi kenyamanan di setiap pendakian yang anda lakukan. Memilih tenda yang mudah dibawa, dengan ukuran dan berat yang tak terlalu besar, harus anda pertimbangkan dengan baik, tentunya tanpa mengesampingkan faktor kebutuhan ruang dan kapasitas yang telah dibahas sebelumnya.

Cara pemasangan yang simpel juga harus jadi perhatian, semakin simpel pemasangan tenda, akan semakin nyaman digunakan dalam keadaan terdesak dan terburu-buru. Semakin ringan dan simpel sebuah tenda, akan semakin baik dan nyaman untuk dibawa dan digunakan.

***

Itulah beberapa tips yang mungkin dapat kawan-kawan terapkan saat hendak memilih atau membeli sebuah tenda, agar kawan-kawan mendapat tenda terbaik untuk di digunakan berkemah. Semoga bermanfaat, dan jika anda memiliki tips lain atau ide tambahan tentang memilih sebuah tenda, silahkan meluangkan waktu untuk menuliskannya pada kolom komentar. Salam lestari!

Comments

Walter said…
Bagus tipsnya.
lain kali kalo mau beli atau nyewa coba praktekkan ah
:D
LordBerly said…
Tipsnya mantab gan. Terlebih lagi sekarang sudah bnyk keluar tenda bikinan lokal dgn kualitas yg gak kalah bersaing.