Cari Info Lainnya di Sini!

13 Oct 2016

Tips Packing Barang untuk Mendaki Gunung


Packing barang sebelum berangkat mendaki gunung adalah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Packing adalah persiapan yang sangat vital untuk keberhasilan perjalanan pendakian anda, saat anda melakukan kesalahan saat packing (misalnya lupa memasukkan barang penting), akan dapat dipastikan pendakian yang anda lakukan pasti akan mendapat kesulitan, baik itu kesulitan yang masih dapat ditolerir, atau parahnya mencelakakan diri anda sendiri. Maka dari itu packing barang merupakan salah satu tahap yang harus anda persiapkan dengan sangat serius dan hati-hati.

Banyak pendaki yang meremehkan packing barang sebelum perjalanan, banyak yang melakukannya dengan asal-asalan tanpa memperhatikan organisasi susunan barang yang dimasukan ke dalam ransel mereka. Padahal posisi barang dalam ransel akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, kemudahan, dan stabilitas perjalanan yang anda lakukan. Salah menempatkan barang dalam ransel akan membuat tak nyaman punggung anda sebagai penopang beban saat berjalan menyusuri setiap medan. Untuk menghindari hal-hal tersebut, kali ini penulis akan memberikan sedikit tips packing untuk mendaki gunung agar pendakian yang anda lakukan menjadi lebih nyaman dan mudah untuk dijalani.

1. Buat checklist daftar barang. baik peralatan ataupun perbekalan bahan makanan.


Sebelum melakukan packing, alangkah baiknya anda membuat sebuah catatan kecil checklist semua barang yang anda perlukan untuk perjalanan mendaki anda. Uraikan mulai dari barang paling penting hingga barang tambahan yang akan anda gunakan selama perjalanan. Pilihlah baik-baik barang yang akan anda bawa.

Efisienlah dalam menentukan barang yang akan anda bawa, jika ada 2 barang dengan fungsi yang sama namun salah satunya memiliki berat yang lebih ringan, disarankan untuk memilih yang lebih ringan demi mengurangi beban perjalanan anda. Untuk daftar perlengkapan mendaki gunung, dapat anda baca di artikel ini.

2. Gunakan tas carrier dengan kapasitas yang tepat.


Setelah menentukan semua barang yang akan anda bawa, pastikan anda memiliki ransel dengan kapasitas yang muat untuk semua barang anda. Jika anda hanya memiliki satu ransel namun tak cukup muat untuk semua barang yang telah anda rencanakan untuk dibawa, cobalah untuk mengurangi daftar barang bawaan anda dengan memperhatikan fungsi dan keutamaan penggunaan barang.

Memang tak diharamkan untuk menggantung atau mengikat barang di luar ransel anda jika sudah tak muat untuk dimasukkan ke dalam ransel, namun hal itu akan mengganggu pergerakan tubuh anda saat mendaki medan-medan yang sulit, dan juga dari segi estetika akan terlihat buruk untuk dilihat.


3. Kelompokkan barang dan susun dengan benar.

gambar diambil dari sini
Susunan barang dalam ransel anda akan sangat mempengaruhi beban dan kenyamanan pergerakan tubuh anda. Salah posisi penempatan barang akan membuat punggung anda tak nyaman saat memikul beban sambil berjalan di medan yang terjal. Maka dari itu perhatikanlah susunan barang pada gambar di atas. Simpanlah barang teringan seperti baju, atau sleeping bag di bagian paling bawah ransel anda, dan simpan barang-barang paling berat di bagian tengah yang langsung bersentuhan dengan punggung anda.

Dengan distribusi beban yang tepat pada ransel yang anda bawa, tubuh anda akan terasa lebih nyaman dalam memikul beban selama perjalanan berlangsung. Simpanlah barang-barang penting seperti jas hujan, alat penerangan, dan peralatan P3K di bagian atas ransel atau di tempat yang mudah di jangkau. Hal ini akan memudahkan anda jika tiba-tiba perjalanan yang anda lakukan menemui rintangan seperti hujan, kecelakaan, ataupun kemalaman.

***

Itulah beberapa tips packing untuk mendaki gunung yang dapat penulis bagikan, semoga bermanfaat untuk persiapan pendakian yang akan anda lakukan. 


8 comments

Tyaseta Sardjono said...

hmmm gitu ya, makasih tipsnya ^_^

The Bluetripper said...

sama sama..

Anonymous said...

wah mantap, makasih sudah berbagi

Putra Wiranggaleng said...

Baca ini dari sharing temen. sangat bermanfaat karena pas packing saya selalu menaruh yang paling berat di bawah.

The Bluetripper said...

sama2..

The Bluetripper said...

saling berbagi tips aja mas, alhamdulillah kalau bermanfaat, silahkan di share juga ke temen-temen yang lain mas, terima kasih telah berkunjung..

agung said...

thanks tipsnya. bermanfaat.

The Bluetripper said...

sama-sama, terima kasih telah berkunjung