Latihan Fisik Sebelum Mendaki Gunung

photo from pixabay
Mendaki gunung merupakan kegiatan alam bebas yang menjadi favorit banyak orang untuk mengisi waktu liburannya. Menikmati pemandangan indah di puncak gunung merupakan sensasi yang tak ada bandingannya. Tanyakan saja pada para pendaki yang telah mengecap manisnya pemandangan indah di berbagai puncak gunung tinggi, tentu anda akan mendapat jawaban yang kurang lebih sama, sensasional. Namun tentunya perlu perjuangan keras untuk mencapai segala sensasi yang didapat usai menaklukkan puncak gunung tinggi, dengan hadiah keindahan pemandangan alam yang menghampar ke segala penjuru mata angin dari ketinggian puncak gunung. Perjalanan menuju puncak gunung tak semudah yang anda bayangkan, jalur yang menanjak, medan yang terjal, beban perbekalan di pundak adalah beberapa syarat yang harus anda taklukkan sebelum menggapai puncak gunung. Untuk itu, diperlukan kekuatan fisik yang prima sebagai faktor pendukung utama dalam perjalanan mendaki gunung. Kadangkala, kejadian buruk ataupun kecelakaan saat mendaki gunung dapat juga disebabkan oleh lemahnya fisik pendaki (selain tentunya faktor alam). Disarankan bagi anda yang akan melakukan perjalanan mendaki gunung untuk terlebih dahulu melakukan latihan fisik sebagai persiapan.


Latihan fisik sebelum mendaki gunung baiknya dilakukan beberapa minggu sebelum waktu keberangkatan. Sempatkanlah untuk melatih fisik anda secara rutin 2-3 minggu sebelum keberangkatan perjalanan mendaki gunung anda. Latihan fisik sebelum mendaki gunung dapat dilakukan dengan beragam jenis latihan fisik. Perlu untuk diperhatikan, bahwa saat mendaki gunung, kaki anda lah yang paling banyak bekerja, maka dari itu, usahakan untuk memberikan porsi latihan otot kaki lebih banyak dari latihan lainnya. Latihan untuk memperkuat otot kaki anda dapat dilakukan dengan jogging, bersepeda, atau jalan cepat. Selain kaki, bagian tubuh lainnya seperti lengan, punggung dan pundak anda juga akan bekerja ekstra, apalagi jika anda akan membawa perbekalan yang cukup banyak dalam ransel anda. Latihan fisik untuk bagian tubuh ini dapat dilakukan dengan push up, pull up, atau angkat beban.

Dengan kekuatan fisik yang prima, perjalanan mendaki gunung yang anda lakukan akan dapat dilalui dengan lancar, aman, dan jauh dari cedera. Tak peduli bahwa anda adalah pendaki pemula ataupun yang telah berpengalaman, persiapan fisik sebelum mendaki gunung tetap harus dilakukan, demi kelancaran dan keamanan perjalanan mendaki gunung yang anda lakukan.

Comments

Artikelnya keren keren 👍
Terima kasih untuk artikel nya

Popular Posts