16 Dec 2014

Gunung Rakutak (1.957 mdpl)


Info Gunung Rakutak - Gunung Rakutak memang salah satu gunung yang tak terlalu terkenal namanya di sekitar Jawa Barat, namun gunung ini menyajikan keindahan pemandangan yang sangat mempesona. Gunung yang cukup tinggi ini sangat mudah dicapai dari kota Bandung, waktu yang dibutuhkan untuk mendaki gunung Rakutak adalah 3 jam untuk naik, dan 2 jam perjalanan untuk turun gunung. Pemandangan di sepanjang perjalanan mendaki gunung ini sangat indah, terutama di jalan pacet di selatan Ciparay yang berada diantara gunung Rakutak dan Malabar.

Jalur pendakian yang umum digunakan untuk mendaki gunung rakutak dimulai di Desa Sukarame yang berada di sebelah selatan kota Bandung. Jika anda membawa sepeda motor, anda dapat menitipkan kendaraan anda di warung-warung yang terletak tepat di seberang jalan awal mula pendakian. Sambil membeli makanan atau minuman, anda dapat menitipkan sepeda motor anda ke pemilik warung. Perjalanan dimulai dari jalan semen yang licin masih di sekitar desa, kemudian melintasi perkebunan dan persawahan sebelum masuk hutan bambu. Sumber air terakhir yang dapat anda andalkan sebagai bekal persediaan berada di ketinggian 1.150 mdpl saat jalur melintasi sebuah sungai kecil. Setelah melewati sungai, anda akan dimanjakan pemandangan keindahan pegunungan bagian utara Bandung dari mulai Burangrang, Tangkuban Parahu, dan Bukit Tunggul.


Setelah itu, perjalanan berlanjut dengan medan yang semakin sulit yang perlu waktu kurang lebih satu jam hingga sampai menuju puncak 1 pada ketinggian 1.860 mdpl. Dari sini, pemandangan yang terlihat akan sangat indah, di barat anda akan melihat gunung Malabar, di selatan ada Gunung Kendang, Papandayan, Cikuray, dan Wayang-Windu, di timur ada puncak tertinggi Rakutak, di tenggara ada danau kecil nan indah bernama Situ Ciharus yang berada di ketinggian 1.530 mdpl.


Perjalanan dilanjutkan menuju puncak 2 di ketinggian 1.927 mdpl. Di puncak 2 adalah tempat terbaik untuk mendirikan tenda anda karena tersedia tanah yang lumayan lapang dan datar untuk dijadikan campsite anda. Di sini kurang lebih akan muat untuk dipasangi 3 sampai 4 tenda. Selanjutnya perjalanan terakhir menuju puncak utama yakni puncak tertinggi gunung Rakutak pada ketinggian 1.957 mdpl. 

2 comments

Ayatullah Rafsanjani said...

Thx infonya bang jadi gerah euy kaki pengen naek wkkwkw

Unknown said...

mohon pencerahannya bang klw dari bandung naik kendaraan apa ya ???