7 Gunung Tertinggi di Asia Tenggara

Gunung Tertinggi ASEANAsia Tenggara merupakan sebuah wilayah luas yang membentang dari perbatasan Asia Selatan hingga ke perbatasan Australia. Wilayah ini dilintasi oleh garis equator bumi yang membuat Asia Tenggara kaya akan hutan hujan tropis. Asia Tenggara juga merupakan wilayah pertemuan 2 sirkum lempeng dunia, yakni eurasia dan pasifik yang bertemu di wilayah Indonesia. Hal ini membuat wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia banyak memiliki gunung berapi. Kali ini penulis akan memberikan sedikit Informasi mengenai 7 gunung tertinggi yang ada di wilayah Asia Tenggara. Apa saja gunung itu, mari kita bahas satu persatu.

1. Hkakabo Razi

from : www.panoramio.com


Hkakabo Razi secara geografis sebenarnya berada di wilayah Asia Selatan, namun karena termasuk kedalam wilayah Burma (dikenal dengan Myanmar) menjadikan gunungini  sebagai puncak tertinggi di Asia Tenggara. Memiliki ketinggian mencapai 5.881 mdpl, gunung ini menjadi titik tertinggi di wilayah Asia Tenggara. Hkakabo Razi juga masih termasuk kedalam sistem pegunungan Himalaya, maka tak heran ketinggiannya mencapai angka itu.

2. Puncak Jaya

from : papuaweb.org

Gunung tertinggi di Indonesia ini juga termasuk kedalam salah satu daftar gunung tertinggi di Asia Tenggara. Gunung yang termasuk kedalam daftar seven summit dunia ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl. Puncak Jaya terletak di pulau papua wilayah Indonesia.

3. Mount Kinabalu

from : cookoobananas.wordpress.com


Terletak di pulau Borneo wilayah Malaysia, gunung Kinabalu menjulang setinggi 4.095 mdpl. Jika dilihat secara geografis, gunung inilah yang mestinya menjadi puncak tertinggi di Asia Tenggara, karena Hkakabo Razi dan Puncak Jaya terletak di wilayah geografis berbeda, namun termasuk kedalam wilayah negara yang berada di Asia Tenggara. Gunung Kinabalu sangat nyaman untuk dijadikan tujuan pendakian, karena telah dilengkapi berbagai fasilitas yang sangat mendukung untuk para petualang yang ingin mendaki gunung ini.

4. Mount Saramati

from : pixgood.com

Gunung ini terletak di wilayah Myanmar utara yang berbatasan dengan India. Puncak tertingginya berada di angka 3.826 mdpl. Myanmar yang memang berdekatan dengan wilayah Asia selatan memiliki beberapa gunung dengan ketinggian menjulang, salah satunya adalah gunung Saramati.

5. Gunung Kerinci

from : almirarajourney.blogspot.com

Kerinci merupakan gunung api aktif tertinggi di Indonesia. Terletak di provinsi Jambi pulau Sumatera, Gunung ini menjulang setinggi 3.805 mdpl. Kerinci merupakan habitat yang tersisa untuk beberapa hewan terancam punah seperti harimau dan badak sumatra.

6. Mount Fansipan

from : www.everestglobaltravel.com


Kali ini kita beralih ke negara Vietnam yang diwakili oleh Gunung Fansipan sebagai salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara. Sebenarnya masih banyak beberapa gunung lain di wilayah Asia Tenggara yang lebih tinggi dari gunung ini, namun Fansipan masuk kedalam daftar gunung tertinggi Asia Tenggara karena merupakan gunung tertinggi di wilayah Indocina (Vietnam, Laos, Kamboja). Fansipan memiliki ketinggian 3.143 mdpl.

7. Mount Ramelau

from : www.travelwireasia.com


Yang terakhir adalah gunung Ramelau yang berada di negara kecil Timor Leste. Ramelau memiliki ketinggian 2.986 mdpl. Gunung ini berada 70 km di selatan kota Dili. Saat masih menjadi negara koloni Portugal, gunung Ramelau merupakan gunung tertinggi Portugal.


Comments

Gunungkerintci emang gede banget ya?
The Bluetripper said…
super gede om, hehehe
Anonymous said…
itu mt.fansipan 3143 mdpl sama mt.ramelau 2986 mdpl kok bisa masuk ya? padahal masih lebih tinggi mt.mahameru 3676 mdpl sama mt.rinjani 3726 mdpl
Agung Ristiana said…
biar adil aja om, negara lain biar pada nyumbang, hehe

Popular Posts