Rekomendasi Film : Sanctum


SanctumFilm yang jadi rekomendasi kali ini adalah film tentang olahraga paling mematikan di dunia, yaitu cave diving atau penyelaman gua. Kami akan coba memberikan sedikit review tentang film petualangan yang dambil dari kisah nyata yang pernah dialami oleh sutradaranya sendiri.

Sanctum adalah film petualangan berkualitas 3D yang disutradarai oleh Alister Grierson dan ditulis oleh John Garvin dan Andrew Wight. Dibintangi Richard Roxburgh, Rhys Wakefield dan Ioan Gruffudd. Wight juga memproduksi film ini dengan melibatkan James Cameron sebagai produser eksekutif.


Pemuda berusia tujuh belas tahun bernama Joshua "Josh" McGuire (Rhys Wakefield), sang pendana explorasi bernama Carl Hurley (Ioan Gruffudd) dan pacarnya yaitu Victoria "Vic" Elaine (Alice Parkinson), melakukan perjalanan ke Gua Esa-ala, sebuah situs eksplorasi gua bawah air di Papua Nugini. Ayah Josh, Frank (Richard Roxburgh), yang merupakan pemimpin tim penyelaman gua, telah mendirikan base camp di titik terdepan pada tingkat paling bawah di dalam gua, di mana tim telah menjelajahi gua tersebut selama berminggu-minggu. Saat Josh mulai melecehkan sang ayah dengan penghinaan dan pendapatnya tentang eksplorasi gua, tim terdepan bersiap untuk menyelam ke daerah yang belum dijelajahi dalam sistem gua bawah air ini.


Saat menyelami pintu masuk ke sistem baru gua bawah air ini, Judes (Allison Cratchley) mengalami masalah dengan selang tangki udaranya. Dia mengalami kerusakan masker udara yang memaksa Frank untuk mencoba menyelamatkannya dengan berbagi pernafasan dari tanki udara miliknya. Setelah beberapa kali berbagi udara, Judes panik dan mencoba untuk mengambil sendiri selang pernafasan Frank, tapi Frank memaksa melepaskan selang udara miliknya karena Frank tahu mereka tidak akan memiliki persediaan udara yang cukup untuk kembali ke basecamp jika harus terus berbagi. Akhirnya Judes tenggelam dan meninggal. Josh yang melihat tayangan kejadian tragis itu di monitor basecamp menganggap ayahnya telah membunuh Judes. Frank melakukan pembelaan dengan mengungkapkan bahwa Judes telah menyelam dalam keadaan badan yang sangat lelah, sehingga kecelakaan itu tak dapat dihindarkan. Sementara itu, kru di atas menyadari bahwa badai yang sangat besar akan segera menerjang lokasi Gua Esa-ala lebih cepat daripada yang diperkirakan. Air hujan mulai masuk membanjiri gua tanpa disadari oleh tim di basecamp terdepan karena alat komunikasi yang terputus akibat badai. Tragedi-tragedi lainnya pun segera terjadi seiring dengan keadaan yang makin memburuk.


Itulah tadi sedikit informasi cerita dari film ekspedisi penyelaman gua yang berjudul Sanctum. Banyak pelajaran-pelajaran positif mengenai makna kehidupan dilihat dari sudut pandang para petualang. Bagi anda para petualang, apalagi para penggemar kegiatan penelusuran gua, rasanya film ini sangat wajib untuk anda tonton. Bagaimana kelanjutan kisahnya? Silahkan anda saksikan sendiri dalam keseluruhan filmnya. Selamat menonton!

Comments

Popular Posts