7 Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung Tertinggi di Indonesia - Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada di cincin api dunia. Letaknya yang berada di pertemuan dua sirkum yakni pasifik dan mediterania membuat Indonesia dipenuhi dengan gunung-gunung tinggi yang banyak diantaranya merupakan gunung api sangat aktif. Banyaknya gunung merupakan sebuah berkah tersendiri bagi negara kita, dengan kesuburan tanah yang dihasilkan oleh gunung api. Namun di lain sisi, terdapat bahaya yang sangat mengancam dengan banyaknya gunung api aktif yang sewaktu-waktu dapat menghasilkan letusan yang dahsyat.

Kali ini, penulis akan membahas 7 gunung tertinggi di Indonesia, yang tersebar di berbagai pulau-pulau besar dan kecil di wilayah nusantara ini. Gunung mana saja yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia, ini dia pembahasan singkatnya.

Puncak Jaya [Papua]


Puncak Jaya atau dikenal juga dengan nama Cartenz Pyramid merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan Oseania. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 mdpl, tergabung dalam barisan Sudirman dengan beberapa puncak tinggi lainnya, yakni Puncak Cartenz Timur (4.808 mdpl), Sumantri (4.870 mdpl), dan Ngga Pulu (4.863 mdpl). Puncak tertinggi Indonesia ini terletak di Papua.

Gunung Kerinci [Sumatera]


Kerinci adalah gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia di luar pulau papua. Kerinci terletak di provinsi Jambi pulau Sumatra. Ketinggian gunung ini mencapai angka 3.805 mdpl. Kerinci juga merupakan rumah bagi beberapa hewan terancam punah, yakni harimau sumatra dan badak sumatra.

Gunung Rinjani [Lombok]


Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang berada di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ketinggiannya yang mencapai angka 3.726 mdpl menjadikan Rinjani sebagai gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah gunung Kerinci. Rinjani memiliki pemandangan alam indah dengan danau Segara Anakan yang berada di kawasan gunung ini.

Gunung Semeru [Jawa]




Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Ketinggianya yang mencapai angka 3.676 mdpl menjadikan semeru termasuk salah satu gunung tertinggi di Indonesi. Pemandangan alamnya yang indah, khususnya danau Ranu Kumbolo menjadikan gunung ini salah satu destinasi pendakian paling diminati.

Gunung Latimojong [Sulawesi]



Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi pulau Sulawesi. Memiliki ketinggian puncak 3.680 yang berada di puncak Rantemario. Dengan tinggi yang menjulang itu, gunung ini menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung Binaiya [Maluku]



Gunung Binaiya adalah gunung tertinggi di kepulauan Maluku, Indonesia Timur. Tinggi puncaknya mencapai 3.072 mdpl. Gunung ini berada di Pulau Seram. Gunung ini merupakan salah satu gunung dengan topografi paling menonjol di dunia.

Gunung Bukit Raya [Kalimantan]


Puncak tertinggi pulau Kalimantan sebenarnya berada di gunung Kinabalu, dikarenakan gunung itu masuk di wilayah Malaysia, Bukit Raya menjadi puncak tertinggi Kalimantan wilayah Indonesia. Bukit Raya terletak di Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah. Kawasan sekitar Bukit Raya merupaka kawasan Cagar Alam.

Itulah 7 gunung tertinggi di Indonesia. Penulis mengambil data dari puncak tertinggi setiap wilayah pulau atau kepulauan yang ada di Indonesia. Jika mengurut berdasarkan ketinggian, tanah papua jelas menguasai puncak-puncak tertinggi di Indonesia, dengan pegunungan Jayawijaya yang menjulang dan memiliki berbagai titik tertinggi. Semoga sedikit informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan pembaca, salam lestari!

Baca juga :
7 Gunung tertinggi di Jawa
7 Gunung tertinggi di Sumatera
7 Gunung tertinggi Dunia

Comments

Muhra Sadeli said…
Gunung Kerinci juga termasuk gunung yang punya jalur trekking sulit, penuh adrenalin, adventure dan hambatan. Keren banget sih emang kalo udah sampe puncaknya

Popular Posts