7 Gunung Tertinggi di Dunia (Seven Summit)


Gunung Tertinggi di Dunia - Seven summit adalah 7 gunung tertinggi di dunia yang mewakili 7 kawasan benua yang ada di dunia. Menaklukan ke 7 puncak tertinggi dunia adalah salah satu tantangan pendakian yang banyak diimpikan oleh para pendaki di seluruh dunia. Orang pertama yang mempopulerkan tantangan ini dan telah melakukannya adalah Richard Bass pada April tahun 1985.

Apa saja gunung yang termasuk ke dalam daftar 7 gunung tertinggi di dunia atau seven summit ini? Langsung saja kita simak ulasan di bawah ini.


Dengan tinggi mencapai 8.848 mdpl, gunung everest memuncaki daftar gunung tertinggi di dunia. Everest terletak di bagian Mahalangur pegunungan Himalaya. Di Nepal, gunung ini bernama Sagarmatha, dan di Tibet bernama Chomolungma.


Akonkahua terletak di bagian barat Amerika Selatan, tepatnya di negara Argentina. Tinggi gunung ini 6.960,8 mdpl, dan termasuk salah satu dari 7 gunung tertinggi di dunia, atau seven summits. Gunung ini masuk ke dalam daftar seven summits mewakili kawasan Amerika Selatan.


Gunung bersalju ini terletak di Amerika Utara, tepatnya di Alaska, USA. Dikenal juga dengan nama Denali, gunung dengan ketinggian 6.168 mdpl ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Denali di Amerika Serikat. Gunung ini menjadi nomor tiga tertinggi dalam daftar 7 gunung tertinggi di dunia.


Kilimanjaro yang terletak di Tanzania benua Afrika memiliki ketinggian 5.895 mdpl. Gunung api aktif ini merupakan gunung tertinggi di daratan Afrika. Gunung ini memiliki 3 kerucut api bernama kibo, mawenzi, dan shira.


Gunung Elbrus merupakan bagian dari pegunungan Kaukasus Barat di Kabardino-Balkaria dan Karachay-Cherkessia Rusia, dekat dengan perbatasan Georgia. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di daratan Eropa, dengan ketiggian puncaknya 5.642 mdpl pada salah satu dari 2 kubah lavanya.


Gunung yang terkenal dengan nama Vinson Massif ini merupakan gunung tertinggi benua Antartika. Letaknya sekitar 1.200 km dari kutub selatan, dengan puncak tertinggi di gunung Vinson pada ketinggian 4.892 mdpl.


Puncak jaya terletak di kepulauan Indonesia, tepatnya di Provinsi Papua. Puncak jaya merupakan gunung tertinggi mewakili bagian benua Australia dan Oseania. Puncak jaya memiliki tinggi 4.884 mdpl, dan terkenal juga dengan nama Carstenzs Pyramid.

Baca juga :
7 Gunung tertinggi di Jawa
7 Gunung tertinggi di Sumatera
7 Gunung tertinggi di Indonesia

Comments

iwantantomi said…
Wiiih, lengkap sekali informasinya. Keren!